"Because Life is Learning"

"Because Life is Learning"
Itulah kalimat pertama yang menyambut saya ketika pertama kali saya membuka Geschool.net. Sejenak saya berpikir, mendalami kalimat tersebut, dan mencoba memaknainya dalam hati. Sejurus kemudian saya tersadar betapa benar kalimat tersebut. "Karena Hidup adalah Belajar". Kalimat tersebut menyadarkan saya betapa esensialnya belajar dalam kehidupan. 

Saya bersyukur, "Alhamdulillah" saya sempat membacanya, karena semenjak itu, timbul penyesalan atas 16 tahun yang saya jalani dengan sia-sia. Selama ini, saya belum mengetahui makna belajar sesungguhnya, sehingga dapat dibilang saya "belum hidup" karena saya belum banyak belajar. Seolah-olah saya ini bayi yang belum mengetahui apa-apa, belum membuka mata dari luasnya ilmu pengetahuan.

Sekarang, saya telah membuka lembar baru dalam kehidupan dengan kalimat itu sebagai pedoman hidup, bahkan lebih berarti dari Pancasila karena Pancasila pun perlu dipelajari sebelum diamalkan, begitu pula ideologi-ideologi dan ilmu-ilmu lain. Saya pun tidak hanya menganggap kalimat itu sebagai slogan belaka, melainkan sebagai prinsip dalam hidup.

Manusia belajar untuk hidup, hidup adalah untuk belajar, dan kita hidup karena belajar. Begitulah kedekatan antara belajar dengan kehidupan. Oleh karena itu, proses belajar tidak terhenti hanya di bangku sekolah atau universitas. Sebagaimana diperintahkan dalam hadist untuk belajar sepanjang hayat, "Tuntutlah ilmu sejak buaian sampai ke liang lahat."


Setelah membahas tentang Life is Learning dan pentingnya belajar, saya juga ingin menyampaikan suatu pesan kepada teman-teman sekalian untuk terus belajar. Jangan sampai waktu kita sekarang hanya akan menjadi penyesalan di masa yang akan datang. Seperti saya yang begitu menyesal karena saya merasa masa muda, peluang emas untuk belajar dan berkarya justru dibuang-buang percuma. Masa muda yang penuh kesempatan untuk membangun masa depan tidak dapat kembali lagi. Kini saya beranjak dewasa dan dituntut siap menghadapi masa depan.

Ingatlah, kawan!

Because Life is Learning, Don't Waste Your Life! 
Learn More and More, so You Can Move!

Baca juga note saya berikutnya disini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment