Raih Esok Gemilang dengan Susu Sehat nan Halal!


foto: nutrikidz.n
Siapa tidak mengenal minuman yang satu ini? Minuman berwarna putih sarat nutrisi ini adalah minuman populer di masyarakat. Susu biasa dikonsumsi oleh masyarakat, terutama kalangan anak-anak dan bayi. Susu dihasilkan oleh kelenjar susu pada wanita dan mamalia betina. Susu yang umum dikonsumsi berasal dari sapi, kuda, onta dan kambing.

Manfaat Susu
Sebelum dibahas mengenai susu halalan thayyiban, melalui blog ini akan diperkenalkan terlebih dahulu manfaat-manfaat susu. Selain memiliki rasa yang nikmat, susu jugamenyediakan nutrisi yang menyehatkan jasmani. Kandungan protein, vitamin, serta mineral dalam susu memberikan banyak faedah bagi proses metabolisme dan pertumbuhan. Susu juga dapat menyediakan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, susu baik dikonsumsi oleh semua kalangan, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Susu sebagai sumber kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak, serta juga dapat membantu mempertahankan kekuatan tulang bagi orang dewasa untuk mencegah osteoporosis.


Konsumsi Susu Menurut Ajaran Islam
Mengingat banyaknya keutamaan meminum susu, membuat sebagian masyarakat menjadikan susu sebagai konsumsi harian. Namun kita juga perlu meneliti apakah susu dianjurkan dalam Islam agar konsumsi susu dapat memberi keberkahan. Berikut ini adalah hadits-hadits berkenaan dengan susu disertai pembahasannya.
Hadits riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
Aku benar-benar pernah memberi minum Rasulullah saw. dengan gelasku ini, semua minuman, madu, nabiz, air dan susu. (Shahih Muslim No.3748).
Hadits riwayat Abu Bakar As-Sidik ra., ia berkata:
Pada waktu kami keluar bersama Rasulullah saw. dari Mekah menuju Madinah, kami melewati seorang penggembala kambing. Ketika itu Rasulullah saw. benar-benar merasa haus. Lalu aku memerahkan sedikit susu untuk beliau. Susu itu aku bawa kepada beliau dan beliau meminumnya hingga aku merasa puas. (Shahih Muslim No.3749).
Kedua hadits tersebut mengatakan bahwa Rasulullah SAW meminum susu. Dalam Al Quran pun tidak disebutkan bahwa susu adalah minuman yang diharamkan, justru disebutkan dalam Al Quran bahwa susu adalah memberi manusia minuman dari hewan ternak meliputi sapi, kambing, kuda, dan onta berupa susu yang suci dan menyehatkan. Ayat yang menjelaskan demikian yaitu Surah An Nahl Ayat 66 yang berbunyi:
“dan sesungguhnya bagi kalian di dalam binatang-binatang ternak ada satu pelajaran. Kami memberi kalian minum dari apa yang ada di perutnya diantara kotoran dan darah (berupa) susu yang bersih yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya“. (QS An Nahl: 26)
Dalam hadits lain, dari Ibnu ‘Abbas ra. Rasulullah SAW bersabda:
Barang siapa yang Allah beri makan hendaknya ia berdoa: “Allaahumma baarik lanaa fiihi wa ath’imnaa khairon minhu” (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan berilah kami makan yang lebih baik darinya). Barang siapa yang Allah beri minum susu maka hendaknya ia berdoa: “Allaahumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu” (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan tambahkanlah darinya). Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada sesuatu yang bisa menggantikan makan dan minum selain susu.” (HR. Tirmidzi no. 3455, Abu Daud no. 3730, Ibnu Majah no. 3322, hasan).
Hadits tersebut menyebutkan bahwa susu merupakan minuman yang diistimewakan oleh Rasulullah SAW. Dikatakan, susu dapat menggantikan makan dan minum karena tidak hanya mengandung air, tetapi juga mengandung nutrisi lengkap seperti yang diperoleh bila kita makan.
Dalil-dalil di atas menyebutkan susu sebagai suatu minuman yang spesial. Tetapi kita harus tetap waspada, karena di era modern ini peredaran produk susu telah meluas secara global. Produsen-produsen susu, khususnya susu formula belum tentu memperhatikan kehalalan komposisi yang ditambahkan dalam susu. Oleh karena itu, kita wajib mencermati setiap produk susu formula dengan memperhatikan apakah pada produk tersebut telah mendapat sertifikasi halal.

Susu Inovasi
Berbagai kelebihan yang tidak terdapat pada minuman lain membuat susu menjadi minuman luar biasa. Namun ada yang lebih luar biasa dari susu, yaitu susu inovasi. Susu inovasi adalah susu yang dimodifikasi secara inovatif untuk menciptakan produk susu yang lebih kaya nutrisi dengan tambahan zat-zat bermanfaat dan baik untuk tubuh.
Frisian Flag® Indonesia adalah pelopor susu inovasi dengan menghadirkan produk Frisian Flag® 123 456 dengan Isomaltulosa. Produsen susu formula yang telah 90 tahun berdedikasi untuk Indonesia ini mengeluarkan inovasi susu pertumbuhan pertama di Indonesia dengan fortifikasi Isomaltulosa sebagai pelengkap nutrisi esensial dengan komposisi tepat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak usia 1-6 tahun.
"Otak balita sesungguhnya membutuhkan 200 persen energi lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Jika energi yang tersimpan minim, maka daya konsentrasinya untuk mengembangkan pola pikir, kepribadian serta kreativitas akan berkurang. Karena itulah, dibutuhkan karbohidrat yang bisa memberikan energi lebih lama seperti Isomaltulosa," buka Anne Schaafsma, PhD, Senior Scientist Nutrition and Manager Nutrion and Clinical Trial FrieslandCampina (induk perusahaan Frisian Flag Indonesia).
Pernyataan ini merupakan alasan mengapa balita yang sedang dalam tahap pertumbuhan membutuhkan energi yang mampu bertahan lama seperti Isomaltulosa. Tetapi apakah yang dimaksud dengan Isomaltulosa? Secara sederhana, Isomaltulosa dapat diartikan sebagai jenis karbohidrat yang menghasilkan glukosa yang memberikan energi lebih lama jika dibandingkan karbohidrat dengan indeks glikemik lebih tinggi seperti maltodekstrin, glukosa, sukrosa, dan lain-lain. Isomaltulosa merupakan nutrisi yang secara klinis terbukti memberikan manfaat positif terhadap kinerja kognitif anak.
Peneliti Utama Tim Isomaltulosa Dr. dr. Rini Sekartini mengatakan bahwa uji klinis ini menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi susu pertumbuhan dengan Isomaltulosa dapat mempertahankan konsentrasi dan daya ingatnya hingga 3 jam. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi anak yang tidak mengkonsumsi susu. Dr. dr. Rini Sekartini menambahkan, “Isomaltulosa adalah sejenis karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah yang dapat menyediakan energi lebih lama. Oleh sebab itu, Isomaltulosa yang terkandung di dalam susu pertumbuhan dapat memberikan energi yang lebih lama.”
 
Jadi, anak yang mengkonsumsi susu dengan Isomaltulosa akan mendapatkan suplai energi yang bertahan lebih lama dibandingkan jika mengkonsumsi susu biasa. Isomaltulosa juga memberikan pengaruh positif pada konsentrasi dan daya ingat anak sehingga anak dapat belajar secara maksimal di sekolah.
Selain Isomaltulosa, susu inovasi dari Frisian Flag® 123 456 menyediakan nutrisi lengkap dan seimbang. Tidak hanya nutrisi makro berbasis susu seperti karbohidrat, protein, dan lemak, tetapi juga nutrisi-nutrisi mikro yang bermanfaat bagi tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Adapun nutrisi-nutrisi mikro tersebut yaitu:
  • ALA/LA: asam lemak esensial untuk membantu pertumbuhan sel otak,
  • Kolin: berperan sebagai bahan pembentuk fosfatidilkolin, bagian penting dari membran sel,
  • Prebiotik Inulin: membantu mempertahankan fungsi saluran cerna,
  • Vitamin C dan E: berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas,
  • Kalsium dan vitamin D3: berperan dalam pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
Produk Frisian Flag® 123 456 dengan Isomaltulosa adalah satu dari banyaknya produk susu yang dihasilkan oleh PT Frisian Flag® Indonesia (FFI). Produk-produk unggulan ini telah dikonsumsi masyarakat bahkan menjadi produk favorit bagi banyak kalangan. Namun bila kita mengingat bahwa kehalalan adalah yang utama, ternyata Frisian Flag® pun mengutamakan hal itu pula. Setiap produk Frisian Flag® telah mendapatkan label halal dari LPPOM MUI dan terdaftar di BPOM. Jadi, tak perlu ragu beri Frisian Flag® untuk anak anda. Insya Allah, Halalan Thayyiban.

Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan Anak
Sebelumnya telah dibeberkan mengenai susu inovasi yang berkhasiat bagi kesehatan, pertumbuhan, serta perkembangan anak. Akan lebih sempurna bila susu inovasi tersebut mendapatkan sertifikasi halal seperti Produk Frisian Flag® sehingga para ibu tidak perlu takut akan kehalalan setiap teguk susu yang diminum buah hatinya.
Kombinasi antara inovasi dan kehalalan yang dipadu dalam segelas susu akan menjadi pemasok gizi yang halal untuk membangun tubuh Si Kecil serta membentuk jaringan otak untuk menumbuhkan generasi sehat dan cerdas anak Indonesia di masa depan. Jadi, anak-anak Indonesia, ayo raih esokmu!
foto: childofmine.com



Referensi:
http://www.frisianflag.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6213%3Afrisian-flag-123-456-inovasi-susu-pertumbuhan-pertama-di-indonesia-dengan-isomaltulosa-untuk-gizi-lengkap-dan-seimbang&catid=126%3Aberita-umum&Itemid=675&lang=id
http://www.ibudanbalita.com/isomaltulosa/page/ff_dengan_isomaltulosa
http://www.ibudanbalita.com/isomaltulosa/page/pakar
Isomaltulosa Media Release (Berita Pers) - May 28th 2012

Sumber Gambar:
http://nutrikidz.net/wp-content/uploads/2011/07/cows-milk.jpg
http://www.ibudanbalita.com/isomaltulosa/page/ff_dengan_isomaltulosa
http://www.childofmine.com.au/wp-content/uploads/2012/04/Kids-Playing.jpg

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
15 Agustus 2016 10.33 ×

terimakasih atas informasinya
informasinya bermanfaat dan menarik
di tunggu informasi selanjutnya

Congrats bro menghilangkan stretch mark you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment