[VIVA.co.id] Pesona Wajah Baru VIVA: Makin Atraktif, Makin Dicinta

ra modern menjadikan internet sebagai media yang sangat efektif untuk penyebaran informasi. Kemajuan zaman yang begitu pesat ditopang pemutakhiran teknologi pun membuat berbagai aspek kehidupan beralih dari analog menjadi digital, tak ketinggalan dunia jurnalistik dan pemberitaan. Digitalisasi di bidang reportase semakin berkembang dengan adanya kombinasi antara berita dan internet menjadi berita online. Sebagai wujud partisipasi pada modernisasi zaman, VIVAnews sebagai salah satu penyaji berita unggulan tanah air mengoptimalisasi penggunaan internet sebagai sarana menyalurkan informasi.

Sebelum mengenal sistem berita online, apa yang kita lakukan bila ingin mencari informasi dan berita terbaru? Biasanya pada pagi hari kita mendapat kiriman surat kabar langganan. Kemudian koran dibaca sambil merentangkan tangan lebar-lebar, membolak-balik halaman dengan susah payah, sambil menikmati secangkir kopi untuk mencegah kantuk karena membaca tulisan hitam di atas kertas abu-abu. Begitulah repotnya membaca koran. Ditambah lagi dampak produksi koran yang mengancam kelestarian hutan, membuat digitalisasi surat kabar semakin diintensifkan.

Melalui situs VIVA.co.id, kita dapat dengan mudah mengikuti perkembangan berita. Dengan kemampuan update berita yang cepat, artikel-artikel berita teraktual dapat langsung dinikmati masyarakat. Kemudahan akses melalui ponsel dan PDA pun menjadi poin plus untuk kepraktisan dalam mengakses berita kapan dan dimana saja. Selain itu, di situs VIVA.co.id kita juga dapat menikmati live-streaming stasiun TV ONE dan video-video berita sebagai metode audio visual dalam penyampaian berita.



Melalui situs VIVAnews.com, PT VIVA Media Baru mengawali upaya dalam menyediakan informasi dan berita secara akurat dan mendalam. Pelayanan pun diaplikasikan sesuai standar jurnalisme berkualitas dalam meliput peristiwa nasional dan internasional dan menyajikan berita secara cerdas, tajam, berimbang dan menghibur sehingga situs VIVAnews.com meraih popularitas di masyarakat sebagai situs berita online unggulan.


Kini, pembaruan telah dilakukan di situs milik VIVAnews. Bahkan domain, sebagai pintu masuk menuju situs ini pun berganti dari vivanews.com menjadi viva.co.id. Domain ini lebih mencirikan Indonesia sebagai identitas dan menyusutkan alamat demi simplisitas. Sedangkan untuk akses melalui ponsel atau PDA dapat dilakukan melalui m.viva.co.id.


Akhirnya, setelah seharian mengeksplorasi seraya mengkaji seluk beluk VIVA.co.id, saya menyimpulkan bahwa wajah baru VIVA kini merupakan sebuah maha karya yang mengagumkan. Sebagai langkah menuju kesempurnaan, perkembangan web VIVA ini potensial untuk menjadi motor bagi kemajuan negeri melalui pengetahuan dan modernisasi gaya hidup. Tata letak yang apik, kombinasi warna atraktif, desain menawan, dan konten-konten bermutu yang ditawarkan membangun suatu ruangan yang indah nan luas yang menyediakan informasi, meja diskusi, jaringan sosial, panduan gaya hidup, serta jendela aspirasi yang didukung kompleksitas fitur dan dirangkai dengan rapi dan menarik serta dikemas dalam tampilan yang mempesona.

Hasil pembaruan pada situs VIVAnews dapat dinikmati di setiap sudut situs. Susunan menu, fitur, dan konten didesain dengan menarik dan tidak rumit. Iklan yang dicantumkan pun tidak banyak sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung kala hendak membaca artikel berita. Meski perubahan banyak dilakukan di sana-sini, tema warna tetap merah untuk halaman utama (portal) sebagai bentuk konsistensi terhadap identitas diri.

Begitu memasuki portal web, headline news hari ini akan muncul sebagai slide show foto disertai judulnya. Di bawahnya terpampang jendela video berita yang dapat disaksikan dengan sekali klik dan disertai judul-judul video berita lain. Semakin ke bawah, judul-judul artikel banyak disajikan dan diklasifikasikan dalam golongan berita nasional, bisnis, berita, sainstek, otomotif, dunia, politik, dan olahraga (sport). Di bawah judul-judul berita tersebut, tersaji berita-berita dari 5 rubrik selain rubrik yang sedang dibuka, sementara terdapat 6 rubrik, yaitu VIVAnews, VIVAlife, VIVAbola, VIVAlog, VIVAforum, dan VIVAsocio. Terakhir, di bagian paling bawah terdapat kotak abu-abu berisi menu rubrik dan sub-rubrik yang tercantum dengan lengkap. Demikianlah tata letak portal web VIVA.co.id yang tersusun secara sistematis.

Inilah screenshot portal web VIVA.co.id secara keseluruhan.




Desain laman berita dirancang sedemikian rupa agar nyaman dibaca dengan tidak melupakan unsur estetika. D
isertai ilustrasi gambar yang akurat dan menarik, serta font huruf yang jelas memanjakan mata dalam membaca setiap artikel. Selesai membaca satu artikel, kita disuguhi dengan beberapa artikel terkait berita yang telah kita baca. Dengan demikian, semakin lengkap informasi yang dapat diperoleh. Screenshot untuk halaman artikel yaitu sebagai berikut.


Hal yang paling saya suka di situs VIVA.co.id adalah kolom "JELAJAH PORTAL VIVA" yang terdapat di bagian bawah setiap halaman, kecuali halaman portal. Di kolom ini, tercantum berita-berita terhangat dari 3 dari 5 rubrik selain rubrik yang sedang dibuka. Adapun jumlah rubrik yang tersedia yaitu 6, yaitu VIVAnews, yaitu VIVAlife, VIVAbola, VIVAlog, VIVAforum, dan VIVAsocio. Untuk melihat berita-berita dari rubrik lainnya, dapat kita geser dengan mengeklik tanda panah kanan/kiri di sisi pinggir. Lewat kolom ini, kita dapat mengintip berita-berita terbaru dari setiap rubrik tanpa harus berpindah halaman.  Adapun rincian mengenai rubrik-rubrik berita di VIVA.co.id, saya ulas dalam post ini.


Selain itu, kemudahan dalam mengintip berita terupdate juga disediakan melalui kolom berita terbaru yang berdampingan dengan berita terpopuler dan dipisahkan oleh tab berbeda. Kolom tersebut sangat membantu pengunjung web dalam mengakses berita-berita yang paling hangat dan ramai diperbincangkan.

Satu lagi yang istimewa dari situs VIVA.co.id yaitu polling sms untuk memilih calon gubernur DKI Jakarta menyambut pilgub DKI putaran kedua. Namun jangan anggap hasil polling SMS ini sebagai hasil yang sebenarnya, karena keputusan siapa gubernur DKI Jakarta berikutnya akan ditentukan setelah digelarnya Pilkada DKI putaran 2 pada 20 September mendatang.

Di akhir post ini saya simpulkan pandangan saya mengenai wajah baru VIVA. Di mata saya, situs anyar VIVA.co.id merupakan kreasi apik dalam seni dekorasi web sehingga dapat memancing gairah masyarakat yang haus akan pengetahuan untuk menggali lebih banyak informasi melalui surat kabar digital yang menyediakan berita-berita up to date, bermutu, dan inspiratif dalam website ini. Semuanya dikemas dengan indah dengan desain atraktif disertai fitur-fitur jempolan yang menjunjung kepraktisan.

Begitulah wajah baru VIVA.co.id di mata saya. Bagaimana pendapat kamu?
Lampiran:

Previous
Next Post »
Thanks for your comment