Monitor Konten Blog yang di-Copy-Paste dengan Tynt

Tynt adalah fasilitas gratisan untuk memonitor setiap tindakan copy-paste yang terjadi pada konten blog
Tynt berguna untuk mengawasi apakah konten blog kita dicopy oleh orang lain. Ini sangat membantu kita untuk menyelamatkan hak cipta kita. Selain itu, Tynt juga memberikan beberapa fasilitas, antara lain:

1. Menyediakan laporan setiap saat

Seperti halnya sebuah CCTV, Tynt bekerja di setiap page views, sehingga tidak ada tindakan copy paste yang tidak terdeteksi. Overview laporan terpampang langsung begitu kita login. Berikut adalah screenshotnya:

Selanjutnya, untuk melihat laporan lengkap kita bisa mengklik "What's Being Copied Report". Maka akan muncul halaman laporan berupa grafik dan tabel mengenai statistik artikel yang dicopy paste orang lain. Screenshotnya seperti ini:



2. Tidak hanya teks, tapi juga gambar

Tynt tidak hanya memonitor tindakan copas pada teks, tetapi pada gambar. Bila gambar milik kita dicopy dan dipublikasikan orang lain, maka akan terdeteksi. Kamu bisa melihat laporan tindakan copy paste di tabel report.


3. Membantu SEO

Sebelum membahas fungsi ini, coba kamu copy beberapa kata dari postingan ini, yang mana saja. Sudah? Kalau sudah, buka program "note pad" atau Ms Office Word. Setelah dibuka, paste tulisan yang dicoy tadi. Lihatlah hasilnya! Ternyata yang muncul tidak hanya tulisan yang dicopy, tetapi sumbernya berupa link postingan blog kita juga akan muncul secara otomatis. Dengan begitu, kita akan mendapatkan backlink dari blog yang mengcopy tulisan kita.

Kalau tulisan kita yang dicopy di-paste ke social media seperti twitter, maka link blog kita akan semakin populer dan terdapat kemungkinan akan diklik banyak orang. Begitulah cara kerja Tynt dalam membantu SEO.


4. Email pemberitahuan rutin

Biasanya, ketika membuka email dari Tynt berupa laporan, saya langsung terkaget-kaget karena artikel saya banyak dicopy paste. Setelah mengetahui konten saya telah dicopy paste, maka saya langsung masuk ke DMCA dan memberlakukan DMCA Breakdown untuk melaporkan tindakan plagiarisme yang dilakuka oleh orang lain terhadap blog saya.


Tertarik menggunakan Tnyt? Baca Cara Mendaftar Tynt disini.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
salwi
admin
14 Oktober 2013 21.06 ×

tks gan saya sudah coba dan berhasil... :)
tapi artikel agan saya copy ternyata ga ada link agan yang nangkring..
coba di cek gan.

Reply
avatar
17 November 2013 12.26 ×

Ok, thanks masukannya gan..

Reply
avatar
Thanks for your comment