Bayam, Makanan Surga yang Menyehatkan

Ingat tokoh animasi "Popeye"? Pelaut yang gemar memakan bayam, sehingga tubuhnya menjadi sehat dan kuat. Itulah salah satu penggambaran khasiat bayam bagi kesehatan. Sebenarnya bayam memiliki banyak manfaat, antara lain untuk menyembuhkan sakit mata, terapi mengobati ashma dan eksim, kecantikan, dan sebagai penawar racun.


Asal Mula Bayam

Sedikit mengulas tentang asal mula bayam, pada awalnya, bayam dikenal sebagai salah satu tanaman hias. Kemudian bayam diketahui menyimpan potensi yang baik untuk kesehatan, sebagai bahan pangan yang kaya nutrisi. Ada yang beranggapan, bayam masuk ke Indonesia pada abad ke-19 ketika lalu lintas perdagangan luar negeri memasuki wilayah nusantara.

Sebelum menyebar ke Indonesia, bayam berasal dari daerah tropis di Amerika. Orang Latin mengenal tanaman hijau yang satu ini dengan nama Amaranthus sp. Adapun arti kata Amaranthus dalam bahasa Latin berarti "abadi".

Khasiat Bayam

Salah satu manfaat mengonsumsi bayam adalah memperbaiki sistem pencernaan, karena bayam mengandung serat yang tinggi sehingga proses pencernaan pun menjadi lancar dan mencegah timbulnya sembelit. Manfaat lainnya yaitu mengurangi resiko terserang kangker, mengurangi kolesterol, dan bersifat anti-diabetes. Cara kerja bayam dalam mengurangi kolesterol adalah dengan mengubah kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian dibuang keluar tubuh. Sedangkan kandungan Mangan (Mn) dalam bayam berkhasiat sebagai anti-diabetes.

Salah satu jenis bayam, yaitu bayam duri Amaranthus spinosus mengandung amarantin, rutin, kalium, nitrat, piridoksin, zat besi, vitamin A, C, dan vitamin K. Cara mengobati ashma dengan bayam duri yaitu dengan mengambil 5 batang bayam duri muda, kemudian dipotong-potong beserta daun dan kembangnya. Lalu rebus di dalam lima gelas air selama 7-10 menit. Air rebusan itu diminum tiga kali sehari. Untuk orang dewasa minum satu gelas, anak-anak setengah gelas, dan bayi dua cukup sendok makan.

Bayam juga dapat mengobati eksim. Cara pengobatannya yaitu dengan mengompres atau membalut bagian yang mengalami eksim. Lakukan hal ini sekali dalam sehari selama 20-30 menit.

Untuk pengobatan bronkhitis, anemia, dan demam dapat pula menggunakan bayam yang ditambahkan dengan madu. Sedangkan bayam muda yang direbus, air rebusannya dapat menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan lever, gangguan saluran pencernaan, sembelit, dan tukak lambung.

Bayam juga dapat digunakan untuk keperluan kecantikan, seperti perawatan kulit wajah, kulit kepala, dan rambut. Caranya, campurkan sari bayam dan kunyit, lalu dioleskan ke wajah secara teratur. Perawatan ini dapat mencegah jerawat, kulit kering, dan mencegah penuaan dini. Cara lain bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus bayam.

Keistimewaan bayam juga diakui oleh Rasulullah saw, melalui sebuah hadist. "Makanlah bayam dan janganlah kalian guncangkan pohonnya, karena tidak berlalu satu hari pun, melainkan beberapa tetesan dari surga menimpa kepadanya." Di hadist lain juga disebutkan keistimewaan bayam, "Tidak ada satu helai daun dari daun bayam itu melainkan padanya ada tetesan dari surga." Adapun sebuah hadist lain menceritakan khasiat bayam, "Barang siapa makan bayam, kemudian ia tidur, maka tidak mempan atasnya racun atau sihir."

Sumber: Majalah Hidayah edisi Juni 2004.
Previous
Next Post »