Ckckck, Canggihnya Kapal Laut Masa Depan!

Kapal laut adalah alat transportasi lintas benua lintas samudra yang paling murah. Maka, pengembangan teknologi kapal laut terus dilakukan. Perkembangan kapal laut kini telah mencapai generasi modern dimana kapal laut dapat bergerak lebih cepat, lebih nyaman, lebih mewah, dan mampu mengarungi lautan lebih jauh.

Berbeda dengan kapal-kapal di masa terdahulu, sebagaimana telah saya ceritakan di post sebelumnya, "Perkembangan Kapal Laut dari Masa ke Masa", kapal laut di masa depan akan menggunakan teknologi yang jauh lebih mutakhir. Mau tau teknologi terbaru apa yang ada di kapal-kapal laut masa depan?




1. Hovercraft

Yang pertama, ada kapal laut modern Hovercraft. Kapal ini bergerak menggunakan baling-baling. Tetapi tidak seperti kapal lain, baling-baling Hovercraft tidak berada di dalam air, melainkan di udara seperti halnya pesawat terbang. Di bagian bawah, kapal ini dilengkap bantalan udara yang dihembuskan ke bawah oleh kipas angin raksasa. Dengan kipas raksasa itu, Hovercraft mampu mengambang setinggi 1 atau 3, meter di atas permukaan laut atau tanah.

Tanah? Jangan heran! Hovercraft juga bisa naik ke daratan lho... Bahkan di beberapa negara, Hovercraft dipakai sebagai pengganti kapal feri, karena kemampuannya berlayar sampai ke darat. (Jadi ingat kendaraan "Vortex" di game GTA San Andreas" hehehe...)

Hovercraft


Hovercraft berukuran kecil


2. Hydrofoil

Kalau kapal yang satu ini uniknya ada pada kaki-kaki yang mirip ski air. Dengan kaki berbentuk seperti ski air, hydrofoil dapat meluncur dengan cepat. Tidak hanya itu, karena permukaan kaki yang kecil, ayunan kapal akibat terjangan ombak juga lebih sedikit. Perjalanan pun menjadi lebih nyaman.
Hydrofoil

Ada lagi Jetfoil, yang merupakan kakak dari hydrofoil. Jetfoil adalah pengembangan lebih lanjut dari hydrofoil yang dikembangkan oleh Boeing Company, Amerika Serikat. Jetfoil menggunakan tenaga jet yang disemprotkan ke air (water jet) sehingga mampu meluncur sangat cepat, sampai 80 km/jam.
Jetfoil


3. Stealth (Kapal Anti Radar)

Kapal Anti Radar
Kapal jenis ini merupakan kapal penyusup yang digunakan untuk keperluan militer. Selain mampu meluncur dengan cepat, kapal ini juga tidak terdeteksi oleh radar maupun sonar! Benar-benar tidak terdeteksi! Suaranya pun sangat halus, nyaris tidak terdengar. Sebelumnya, kapal ini masih sangat dirahasiakan oleh pembuatnya. Kapal ini diproduksi oleh angkatan laut Amerika bekerja sama dengan perusahaan Lockheed Martin. Kemudian pada tahun1933 Amerika Serikat baru membuka rahasia dengan mengakui keberadaan kapal ini di angkatan laut mereka, yang diberi nama Sea Shadow.


4. Kapal Berlunas Ganda

Kapal biasa hanya memiliki 1 lunas yang menjadi penopang badan kapal laut. Namun bagaimana bila kapal laut memiliki 2 lunas? Inilah perbandingannya.

Kapal feri berlunas 1 dan 2

Berdasarkan penelitian, kapal berlunas ganda dapat berlayar dengan sedikit goncangan sehingga lebih tenang. Salah satu kapal yang memiliki lunas ganda contohnya adalah kapal feri milik Inggris yang bernama Sea Cat.

Tidak hanya nyaman, Sea Cat juga mampu melaju dengan cepat, sampai sekitar 37 knot. Jauh lebih cepat dari kapal feri biasa yang hanya 20 knot. Sebagai kapal feri, ukuran sea cat cukup besar dengan panjang 74 meter dan lebar 26 meter. Kapal ini juga mampu mengangkut 430 penumpang serta 90 kendaraan.

Kapal Sea Cat berlunas ganda

Previous
Next Post »