Peraturan Copy Paste di Blog Mulanovich

Mulanovich.blogspot.com adalah blog yang menentang praktik plagiarisme alias copy paste (copas). Mungkin kamu menganggap saya ini "lebay" atau "pelit", dan sebagainya, tetapi bagi blogger-blogger lain pasti mengerti mengapa saya melakukan ini karena turut merasakan bagaimana susahnya berjuang mengurus blog. Mulai dari mengedit script HTML yang pusing minta ampun, berburu backlink, mengetik postingan sampai larut malam, hingga mengemis recehan dari iklan.

Untuk itu, bagi blogger pemula, harap menunjukkan etika seorang penulis. Janganlah melakukan copy paste tanpa seizin author, karena akan merugikan penulis aslinya. Kecuali bila Sang penulis membolehkannya dengan syarat mencantumkan backlink, maka cantumkanlah backlink. Sedangkan bagi kamu yang ingin mencari referensi untuk tugas sekolah, skripsi, dll, silakan copy paste, harap cantumkan link sumber di bagian Daftar Pustaka. 

Karena praktik plagiat telah menjamur di kalangan blogger, saya merasa miris. Padahal, setiap karya, baik dalam bentuk tulisan, seni, dan sebagainya dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002. Namun karena penegakannya kurang tegas, tindakan copy paste pun semakin marak.

Di blog ini, saya menetapkan peraturan untuk pengunjung yang ingin menjadikan artikel yang ada di blog ini sebagai referensi.
  1. Untuk blogger, dilarang copy paste seluruh konten dari awal hingga akhir. Namun jika ingin meniru seluruh isi artikel, buatlah dengan kata-kata sendiri. Jangan lupa cantumkan link tulisan di akhir postingan sebagai sumber.
  2. Untuk pengunjung selain blogger, silakan copy paste, namun tetap mencantumkan link sumber tulisan di Daftar Pustaka.
Sebenarnya syarat untuk mengutip di blog saya tidak banyak, namun jika kamu menaati syarat tersebut, saya sangat berterimakasih dan saya hargai kebijaksanaannya.
Previous
Next Post »