Perkembangan Kapal Laut dari Masa ke Masa

Januari 21, 2013

Kapal laut adalah alat transportasi yang bergerak di laut. Alat transportasi ini digunakan sejak zaman purba, ketika nenek moyang kita menjelajah menyusuri sungai menggunakan rakit. Meski terbilang tua, pengembangan teknologi kapal laut masih terus dilakukan. Maklum, dua pertiga luas bumi berupa air. Jadi, alat transportasi yang dapat mengarungi perairan sangat dibutuhkan.

Di zaman modern ini, kapal laut sudah semakin canggih. Kapal laut dilengkapi mesin bertenaga tinggi sehingga dapat melaju dengan cepat. Desainnya pun dibuat begitu mewah dan megah, dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memanjakan penumpangnya.

Namun tahukah kamu bagaimana kapal laut dapat berkembang dari sebuah rakit di zaman purba menjadi sarana transportasi modern seperti sekarang ini?


1. Kano

Inilah nenek moyangnya kapal laut. Kapal laut generasi pertama ini masih sangat sederhana. Manusia purba biasa menggunakan kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano biasanya terbuat dari batang pohon.



2. Perahu Mesir (3000 SM)

Perahu Mesir adalah perintis kapal-kapal laut modern saat ini. Perahu ini sudah memiliki rangka yang terbuat dari kayu dan sanggup mengangkut hingga 20 penumpang.


3. Perahu Phoenix (2000 SM)

Bangsa Phoenix, selain sudah mampu membangun kapal dagang, juga mampu membuat kapal perang. Kapal buatan bangsa Phoenix digerakkan dengan layar dan dayung. Dengan kapal ini, mereka sanggup berlayar melintasi Inggris hingga Afrika.


4. Perahu Romawi (5 M)

Perahu Romawi yang dikenal dengan Galiun (Inggris: Galleon) memiliki ukuran yang besar dengan layar yang besar pula. Galiun Romawi juga bergerang dengan bantuan tenaga dari ratusan pendayung untuk meningkatkan kecepatan ketika bertempur.


5. Perahu Viking (800 M)

Bangsa Viking terkenal sebagai pelaut yang tangguh. Perahu yang dipakai bangsa ini disebut Longship. Perahu ini memiliki hiasan-hiasan yang indah.


6. Perahu Yung (Sekitar 800 M)

Tidak mau ketinggalan, bangsa Asia khususnya bangsa Cina juga memiliki perahu buatan mereka sendiri. Itulah perahu Yung yang memiliki dua layar, salah satunya besar dan satunya lagi kecil. Perahu ini sangat lincah karena ukurannya tidak terlalu besar.


7. Caravelle (Abad 14)

Caravelle adalah kapal layar yang dikembangkan oleh bangsa Spanyol dan Portugal. Kapal ini mampu menjelajah dunia, lho... Bahkan Christoper Columbus berlayar ke benua Amerika dengan menaiki kapal ini.


8. Kapal Layar (Abad 16 sampai 18)

Negara-negara di Eropa banyak membangun kapal dengan layar besar seperti ini. Laksamana Nelson dari Inggris memakai kapal jenis ini, yaitu HMS Victory dalam pertempuran laut Trafalgar antara Inggris dan Perancis.


9. Clipper (Abad 19)

Clipper adalah kapal layar khas Amerika di pertengahan abad ke-19. Clipper terkenal karena mampu melaju dengan cepat di laut karena memiliki banyak layar.


10. Kapal Uap (Akhir Abad 19)

Seiring dengan perkembangan teknologi, ditemukannya mesin uap membantu perkembangan kapal menuju kapal yang modern. Genarasi kapal uap menandai berakhirnya zaman kapal layar. Kapal uap menggunakan tenaga uap dari ketel untuk menggerakkan baling-baling.


11. Kapal Bermotor (Abad 20)

Memasuki abad 20, kapal uap mulai berkembang menjadi kapal mesin yang menggunakan bahan bakar solar. Kapal bermotor sudah termasuk kapal zaman modern.


12. Kapal-kapal Masa Depan

Kapal-kapal di masa depan semakin modern. Kapal modern yang akan banyak digunakan di masa depan yaitu kapal induk, kapal selam bertenaga nuklir, hovercraft, hydrofoil, dan jetfoil.



You Might Also Like

16 comments

  1. Caravelle yg mengantarkan bangsa eropa menemukan amerika dan asia.

    BalasHapus
  2. membaca artikel nya sangat menarik , saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  3. ijin nyimak artikelnya gan
    terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  4. bagus info nya
    terus update info lain nya

    BalasHapus
  5. terimakasih atas informasinya
    menarik dan bermanfaat

    BalasHapus

Like us on Facebook