Kumpulan Humor Gus Dur

KUMPULAN HUMOR GUS DUR

Kumpulan Humor Gus Dur

Dikompilasi oleh: greenourheart (greenourheart@gmail.com)

Kumpulan Humor Gus Dur - Almarhum K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur memang fenomenal. Ia dikenal sebagai pribadi yang unik dan otentik. Otentisitasnya ini lah yang membuat ia senantiasa dikenang.

Humor-humor Gus Dur atau ala Gus Dur tak hanya lucu, seringkali sarkastis dan mengandung banyak pembelajaran. Inilah salah satu warisan Gus Dur bagi bangsa ini. Humor yang reflektif. Anekdot yang bermakna.


Obrolan Para Presiden

Saking udah bosannya keliling dunia, Gus Dur coba cari suasana di pesawat RI-01. Kali ini dia mengundang Presiden AS dan Perancis terbang bersama Gus Dur buat keliling dunia. Boleh dong, emangnya AS dan Perancis aja yg punya pesawat kepresidenan. Seperti biasa... setiap presiden selalu ingin memamerkan apa yang menjadi kebanggaan negerinya. Tidak lama presiden Amerika, Clinton mengeluarkan tangannya dan sesaat kemudian dia berkata: "Wah kita sedang berada di atas New York!" 

Presiden Indonesia (Gus Dur): "Lho kok bisa tau sih?"

"Itu.. patung Liberty kepegang!", jawab Clinton dengan bangganya.

Ngga mau kalah presiden Perancis, Jacques Chirac, ikut menjulurkan tangannya keluar.

"Tau nggak... kita sedang berada di atas kota Paris!", katanya dengan sombongnya.
Presiden Indonesia: "Wah... kok bisa tau juga?"
"Itu... menara Eiffel kepegang!", sahut presiden Perancis tersebut.

Karena disombongin sama Clinton dan Chirac, giliran Gus Dur yang menjulurkan tangannya keluar pesawat..

"Wah... kita sedang berada di atas Tanah Abang!!!", teriak Gus Dur.
"Lho kok bisa tau sih?" tanya Clinton dan Chirac heran karena tahu Gus Dur itu kan nggak bisa ngeliat.

"Ini... jam tangan saya ilang...", jawab Gus Dur kalem.

(Sumber: gusdur.net, 13 November 2008)




Cerita Gus Dur Soal Naik Kereta

Setelah mendapat larangan dari dokternya untuk tidak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang, Gus Dur kemudian nekat untuk berpergian jauh menggunakan kereta api.

"Anda mau pergi naik kerata api Gus? Memangnya Anda pikir bisa sampai tepat waktu dengan naik kereta api?" ledek si dokter.

"Anda jangan meremehkan, kereta itu cepet banget loh!" jawab mantan Presiden RI ke-4 itu.

"Kereta api mana yang bisa menandingi kecepatan pesawat terbang?" tanya dokter.

"Oho.. Anda jangan salah. Semua kereta api bisa lebih cepat dari pesawat," kilah pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 ini.

"Anda mimpi kali. Semua orang juga tahu kalau pesawat itu jelas lebih cepat dibandingkan kereta api," cecar sang dokter.

"Wah, Anda salah. Memang sekarang ini pesawat lebih cepat. Tapi itu karena kereta api baru bisa merangkak. Coba kalau kereta api nanti sudah bisa berdiri dan bisa lari. Wuiih.. pasti bakalan jauh lebih cepat dari pesawat," jawab Gus Dur, disambut wajah kecut sang dokter.
Sumber: Okezone.com, Kamis, 07 Januari 2010


Cuma Takut Tiga Roda

Suatu hari, saat Abdurarahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI, ada pembicaraan serius. Pembicaraan bertopik isu terhangat dilakukan selesai menghadiri sebuah rapat di Istana Negara. Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah yang kala itu melanda kota Jakarta. Gus Dur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut.

"Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jaka rta Pak?" tanya seorang menterinya.

"Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini. Padahal kan nyamuk sini cuma takut sama tiga roda...!"
Sumber: okezone.com, 01 Januari 2010


Fenomena 'Gila' Gus Dur

Konon, guyonan mantan Presiden Abdurrahman Wahid selalu ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan, termasuk presiden dari berbagai negara.

Pernah suatu ketika, Gus Dur membuat tertawa Raja Saudi yang dikenal sangat serius dan hampir tidak pernah tertawa. Oleh Kiai Mustofa Bisri (Gus Mus), momentum tersebut dinilai sangat bersejarah bagi rakyat Negeri Kaya Minyak.

"Kenapa?" tanya Gus Dur.

"Sebab sampeyan sudah membuat Raja ketawa sampai giginya kelihatan. Baru kali ini rakyat Saudi melihat gigi rajanya," jelas Gus Mus, yang disambut gelak tawa Gus Dur.

Melekatnya predikat humoris pada Presiden RI yang keempat itu pun sempat membuat
Presiden Kuba Fidel Alejandro Castro Ruz penasaran. Suatu ketika, keduanya berkesempatan bertemu.

Seperti yang diceritakan oleh mantan Kepala Protokol Istana Presiden Wahyu Muryadi
pada tayangan televisi, Fidel Castro bertanya kepada Gus Dur mengenai joke teranyarnya. Dijawablah oleh Gus Dur, "Di Indonesia itu terkenal dengan fenomena 'gila',". Fidel Castro pun menyimak pernyataan mengagetkan tersebut.

"Presiden pertama dikenal dengan gila wanita. Presiden kedua dikenal dengan gila harta. Lalu, presiden ketiga dikenal gila teknologi," tutur Gus Dur yang kemudian terdiam sejenak. Fidel Castro pun semakin serius mendengarkan lanjutan cerita.

"Kemudian, kalau presiden yang keempat, ya.. yang milih itu yang gila," celetuk Gus Dur. Fidel Castro pun diceritakan terpingkal -pingkal mendengar dagelan tersebut.
Sumber: okezone.com, 02 Januari 2010


Made In Japan, Sangat Cepat!

Di luar Hotel Hilton, Gus Dur bersama sahabatnya yang seorang turis Jepang mau pergi ke Bandara. Mereka naik taksi di jalan, tiba-tiba saja ada mobil kencang sekali menyalip taksinya. Dengan bangga Si Jepang berteriak, "Aaaah Toyota, made in Japan. Sangat cepat...!"

Tidak lama kemudian, mobil lain menyalip taksi itu. Si Jepang teriak lagi, "Aaaah Nissan, made ini Japan. Sangat cepat."

Beberapa lama kemudian, taksi yang ia naiki lagi -lagi disalip mobil, dan Si Jepang teriak lagi "Aaaah Mitsubishi. Made in Japan sangat cepat...!" 

Gus Dur dan sopir taksi itu merasa kesal melihat Si Jepang ini bener- bener nasionalis.

Kemudian, sesampainya di bandara, sopir taksi bilang ke Si Jepang. "100 dolar, please..."
"100 dolars...?! Ini tidak jauh dari hotel."
"Aaaah... Argometer made in Japan kan sangat cepat sekali," kata Gus Dur menyahut Si Jepang itu.


Orang NU Gila

Rumah Gus Dur di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, sehari-harinya tidak pernah sepi dari tamu. Dari pagi hingga malam, bahkan tak jarang sampai dinihari para tamu ini datang silih berganti baik yang dari kalangan NU ataupun bukan. Tak jarang mereka pun datang dari luar kota.
Menggambarkan fanatisme orang NU, kata Gus Dur, menurutnya ada 3 tipe orang NU.
“Kalau mereka datang dar i pukul tujuh pagi hingga jam sembilan malam, dan menceritakan tentang NU, itu biasanya orang NU yang memang punya komitmen dan fanatik terhadap NU,” tegas Gus Dur.

Orang NU jenis yang kedua, mereka yang meski sudah larut malam, sekitar jam dua belas sampai jam satu malam, namun masih mengetuk pintu Gus Dur untuk membicarakan NU, “Itu namanya orang gila NU,” jelasnya.

“Tapi kalau ada orang NU yang masih juga mengetuk pintu rumah saya jam dua dinihari hingga jam enam pagi, itu namanya orang NU yang gila,” kata Gus Dur sambil terkekeh.
Sumber: okezone


Becak Dilarang Masuk

Saat menjadi presiden, Gus Dur pernah bercerita kepada Menteri Pertahanan saat itu, Mahfud MD, tentang orang Madura yang katanya banyak akal dan cerdik. Cerita ini masuk dalam buku "Setahun Bersama Gus Dur, Kenangan Menjadi Menteri di Saat Sulit."

Ceritanya, ada tukang becak asal Madura yang pernah dipergoki oleh polisi ketika melanggar rambu “becak dilarang masuk”. Tukang becak itu masuk ke jalan yang ada rambu gambar becak disilang dengan garis hitam yang berarti jalan itu tidak boleh dimasuki becak.

“Apa kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tidak boleh masuk jalan ini,” bentak polisi.

“Oh saya melihat pak, tapi itu kan gambarnya becak kosong. Becak saya kan ada yang mengemudi,” jawab si tukang becak .

“Bodoh, apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itu kan ada tulisan bahwa becak dilarang masuk,” bentak pak polisi lagi.

“Tidak pak, saya tidak bisa baca, kalau saya bisa membaca maka saya jadi polisi seperti sampeyan, bukan jadi tukang becak seperti ini,” jawab si tukang becak sambil cengengesan.

Previous
Next Post »

20 comments

Click here for comments
krozden
admin
14 Maret 2013 05.30 ×

wkakakakaka jago ngelawak juga ya

Reply
avatar
2 Juli 2013 17.02 ×

dumateng ngarsanipon gus dur (kh. Abdurrahman wahid) kito aturaken Al-Fatihah.....

Reply
avatar
putra
admin
14 Juli 2013 09.17 ×

wkkkkwkkkwk lucu asyekkkk

Reply
avatar
2 Agustus 2013 05.15 ×

Terkenang dg beliau Waliyullah...Alfatehah dihaturkan untuk Gus Dur..

Reply
avatar
2 Agustus 2013 05.15 ×

Terkenang dg beliau Waliyullah...Alfatehah dihaturkan untuk Gus Dur..

Reply
avatar
Mongkay D'
admin
14 Agustus 2013 01.34 ×

abdurrahman "sang penahluq", Al-Fatihah....بسم الله الرحمن الرحيم.الممد لله رب العالمين. الرحمن الرحيم.مالك يومالدين. اياك نعبد واياك نستعين.اهدناالصراط المستقيم.صراط الذين انعمت عليهم غيرالمغضوب عليهم ولاالضالين.امين ........ل

Reply
avatar
Mongkay D'
admin
14 Agustus 2013 01.36 ×

abdurrahman "sang penahluq", Al-Fatihah....بسم الله الرحمن الرحيم.الممد لله رب العالمين. الرحمن الرحيم.مالك يومالدين. اياك نعبد واياك نستعين.اهدناالصراط المستقيم.صراط الذين انعمت عليهم غيرالمغضوب عليهم ولاالضالين.امين ........ل

Reply
avatar
Mongkay D'
admin
14 Agustus 2013 01.36 ×

abdurrahman "sang penahluq", Al-Fatihah....بسم الله الرحمن الرحيم.الممد لله رب العالمين. الرحمن الرحيم.مالك يومالدين. اياك نعبد واياك نستعين.اهدناالصراط المستقيم.صراط الذين انعمت عليهم غيرالمغضوب عليهم ولاالضالين.امين ........ل

Reply
avatar
Ali Mahfud
admin
19 Desember 2013 15.02 ×

Mantab, memang hebat guru bangsa kita ini

Reply
avatar
Ali Mahfud
admin
19 Desember 2013 15.03 ×

Mantab, Jayalah Guru Bangsaku

Reply
avatar
20 Desember 2013 10.08 ×

tulisan ini sukses bikin saya ngakak..

Reply
avatar
Anonim
admin
30 Januari 2014 15.24 ×

ahhaaaa gus gus sampean bikin aku senyum semuringah..........................mantap mak jos

Reply
avatar
21 Juli 2014 09.42 ×

kangen dengan ketokohan gusdur

Reply
avatar
Wisnu Adi
admin
21 September 2014 14.35 ×

kunjungi : ceritapendekbali.blogspot.com

Reply
avatar
10 Februari 2015 14.06 ×

Humor Gus Dur La tandingan nya. Betulkan ??????

Reply
avatar
Thanks for your comment