Tentang IPB (Bogor Agricultural University) - Overview

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah sebuah perguruan tinggi yang berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan. IPB dulunya adalah bagian dari Universitas Indonesia, tetapi pada tanggal 1 September 1963 IPB resmi melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) dan kini dipimpin oleh rektor Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. untuk periode 2012-2017.

IPB memiliki lima kampus yang lokasinya berbeda-beda dan setiap kampus juga memiliki peruntukan yang berbeda. Tetapi kampus yang menjadi pusat kegiatan belajar mengajar untuk S1, S2, dan S3 serta kantor rektorat juga ada di kampus Darmaga di Jl. Raya Darmaga Kampus IPB, Darmaga, Bogor Jawa Barat. Kampus seluas 267 Ha ini juga tersedia fasilitas sosial dan fasilitas umum. Peta kampus IPB bisa dilihat di bawah ini.

Adapun fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampus IPB Darmaga antara lain Bank, ATM, kantor pos, poliklinik, tempat ibadah, track sepeda, bus keliling, Gymnasium, Gedung Olahraga, Plaza Academik, perpustakaan dengan IPB electronic library, WIFI hotspot, dan lain-lain. Untuk sarana praktek, IPB memiliki 385 laboratorium fisik dan 12 lahan percobaan yang tersebar di berbagai daerah. IPB dikelilingi oleh 14 desa yang menyediakan 1300 rumah kontrakan/indekos yang dihuni hampir 25000 mahasiswa. Selain itu, disediakan juga student dormitory dengan kapasitas 3000 orang untuk mahasiswa tingkat persiapan bersama. Sedangkan mahasiswa lain disediakan asrama berkapasitas 500 orang. Di sekitar dormitory terdapat fasilitas-fasilitas untuk menunjang kehidupan mahasiswa, seperti kantin, cafeteria, rumah makan, wartel, rental komputer, apotik, dan toko-toko.

Selesai membahas seluk beluk kehidupan kampus IPB, sekarang kita ungkap visi, misi, motto, dan makna lambang IPB yang pastinya menarik untuk ditelusuri. Berikut ulasannya.


Visi dan Misi IPB


Visi
‘‘Menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan”

Misi

  • Menyelengarakan pendidikan tinggi bermutu tinggi dan pembinaan kemahasiswaan yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kebutuhan masyarakat agraris dan bahari pada masa sekarang dan kecenderungan pada masa yang akan datang.
  • Membangun sistem manajemen perguruan tinggi yang berkarakter kewirausahaan, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
  • Mendorong terbentuknya masyarakat madani berdasarkan kebenaran dan hak asasi manusia.



Tujuan dan Motto IPB

Tujuan
  • Menguatkan sistem pendidikan dan kemahasiswaan dengan fokus menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dan kompetitif.
  • Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian terintegrasi sehingga menghasilkan temuan ilmu pengetahuan, paket teknologi yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat (swasta, pemerintah dan lainnya).
  • Meningkatkan kesejahteraan dosen, tenaga penunjang, dan bantuan/subsidi bagi pendidikan mahasiswa.
  • Meningkatkan kapasitas sumberdaya untuk membangun ketangguhan institut.
  • Menguatkan sistem manajemen untuk menyempurnakan sistem manajemen institut dalam rangka mencapai kesehatan organisasi.
Motto
"Mencari dan Memberi Yang Terbaik"


Makna Logo IPB

Lambang Institut Pertanian Bogor ini menggambarkan bahwa IPB senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta IPB sebagai sumber ilmu yang menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan berdasarkan Pancasila.

Oh iya... Kalau diperhatikan, gambar tumbuhan dengan lima helai daun pada logo IPB mirip seperti yang terdapat di logo Departemen Pertanian (Deptan). Apakah mungkin ini berarti IPB dan Deptan memiliki kesamaan tujuan, yaitu memajukan pertanian Indonesia?


IPB (Institut Pertanian Bogor) adalah tujuan tepat untuk teman-teman pelajar SMA angkatan 2013 dalam memilih universitas tujuan. Mengapa? Ini dia alasannya:
1. IPB adalah Universitas Kelas Dunia (World Class University)
Berdasarkan survey dari Webometrics, sebuah lembaga pemeringkat yang menggunakan 4 parameter, yaitu Presence, Impact, Openness, dan Excellence, memposisikan IPB dalam peringkat 7 dari 50 kampus terbaik Indonesia dan 166 dari Top 200 Universitas Asia. Sedangkan menurut QS University Ranking, IPB meraih ranking 181 Asia dan 601 dunia. Ranking tersebut membuktikan kualitas IPB yang baik, bukan?

2. IPB adalah Universitas Paling Inovatif di Indonesia
Untuk tahun 2012, IPB menyumbang 46,1% inovasi untuk Indonesia. Wow!

3. IPB Unggul dalam Akademik dan Riset
IPB memiliki banyak prestasi, baik nasional maupun internasional. IPB juga berhasil melakukan riset-riset unggulan dan berguna bagi masyarakat. Disamping prestasi dan riset, keunggulan lain yaitu fasilitas yang lengkap dan tenaga pengajar berkualitas.

4. IPB adalah Universitas Berwawasan Kewirausahaan
Kurikulum IPB dilengkapi dengan mata kuliah kewirausahaan, sehingga memungkinkan mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya untuk melakukan wirausaha. Berbekal kemampuan akademik dan kewirausahaan, banyak alumni IPB yang sukses dalam berwirausaha.

5. IPB adalah Universitas Berkualitas dan Terakreditasi Internasional
IPB terakreditasi "A" (sangat baik) dan telah mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal PTN. Bahkan laboratorium dan Unit Kerjanya pun telah terakreditasi internasional. Laboratorium terakreditasi ISO 17025, Unit Kerja terakreditasi ISO 9001.

6. IPB adalah Kampus Hijau dan Dinamis
Lingkungan kampus IPB hijau dan bersahabat dengan alam. Tidak hanya itu, IPB meraih juara I Green Living Movement dan peringkat II Green Metric World University Ranking Perguruan Tinggi di Indonesia.

7. IPB Menawarkan Kesempatan Bekerja yang Lebih Luas
Kesempatan bekerja bagi lulusan IPB sangat luas, dengan partner perusahaan-perusahaan nasional dan internasional. Adapun masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan.
Dengan 7 kelebihan tersebut, IPB menawarkan pendidikan yang berkualitas dan masa depan yang cerah. So, tunggu apa lagi? Ayo pelajar Indonesia, pilih IPB!


Untuk informasi lebih lengkap tentang IPB, klik:


Referensi:

Damanik, Caroline. "Ini Dia 50 Kampus Indonesia Paling Populer di Dunia". http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/27/11500217/Ini.Dia.50.Kampus.Indonesia.Paling.Populer.di.Dunia. (1 Maret 2013)
Syukron, Muhammad. 3 Kampus Indonesia Terpopuler se-Asia. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/02/24/146714/3-Kampus-Indonesia-Terpopuler-se-Asia. (1 Maret 2013)
http://www.topuniversities.com/node/5235/ranking-details/world-university-rankings/2012
http://www.topuniversities.com/node/5235/ranking-details/asian-university-rankings/2012
http://admisi.ipb.ac.id/p/single/alasan#excellence
Previous
Next Post »