Sejarah dan Fakta Unik tentang Google

Sejarah dan Fakta Unik tentang Google

Sejarah Google

Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal Google? Kalaupun masih ada yang tidak tahu sama sekali apa itu Google, bisa jadi orang itu termasuk orang gaptek, tradisional, udik, atau mungkin primitif. Sebagai layanan mesin pencarian (search engine) paling populer di dunia, mungkin kalian menganggap Google sebagai perusahaan yang kaku dengan aturan ketat, serta memiliki sejarah kerja keras para pendirinya. Tetapi ternyata sejarah perusahaan Google itu penuh dengan hal-hal lucu dan fakta unik yang tidak terbayangkan bagi sebuah perusahaan ternama.


Sergey Brin dan Larry PageSejarah Google dicetak oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Kemudian Google berkembang menjadi sebuah perusahaan swasta pada 4 September 1998. Adapun misi mereka yaitu "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang."

Fakta Unik tentang Google

Fakta unik 1: Asal mula nama Google

Nama Google ternyata lahir dari ketidaksengajaan. Pada awalnya proyek sebelum lahirnya Google dikerjakan oleh dua orang mahasiswa pascasarjana Stanford University, yaitu Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Proyek tersebut mulanya bernama BackRub, sebuah search engine yang dioperasikan menggunakan server kampus mereka.

Kemudian, pada tahun 1997 nama BackRub diganti menjadi Googol, yang artinya angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka nol. Kalau ditulis 100000000000000000000... dan seterusnya sampai 100 angka nol. Nama ini melambangkan Google sebagai gudang informasi terlengkap yang tidak terbatas.

Fakta unik 2: Tampilan Homepage Google

Homepage Google
Kalau kamu buka http://www.google.com/ apa yang kamu lihat? Pasti yang menonjol cuma logo Google, kotak penelusuran, dan beberapa fitur Google yang tampil sederhana. Ternyata tampilan seperti itu telah berlangsung sejak awal berdirinya. Menurut sejarah, Page dan Brin menginginkan tampilan yang ringkas dan simpel, cukup mengetik keywords dan tekan enter. Tapi alasan lain, katanya mereka tidak menguasai HTML sehingga halamannya dibuat sederhana.

Fakta unik 3: Doodle Pertama Google

Tahu nggak yang namanya Doodle? Secara singkat, Doodle dapat dijelaskan sebagai logo Google yang divariasikan sesuai dengan event-event spesial terkini. Misalnya Doodle saat HUT RI yang satu ini:
Doodle HUT RI

Doodle ber- sejarah pertama berjudul "Burning Man Festival" yang diterbitkan tanggal 30 Agustus 1998. Doodle berikutnya yaitu "Google Beta" tanggal 29 Oktober 1998. Konon, Doodle pertama dibuat dengan pesan "out of office" karena saat itu Brin dan Page sedang cuti keluar kantor untuk pergi ke festival The Burning Man di Nevada.
Doodle The Burning Man

Fakta unik 4: Storage Pertama Google

Sejarah Storage Pertama GoogleAda lagi nih yang unik dari Google, yaitu media penyimpanannya yang pertama pada tahun 1996. Memorinya pun cuma 40 GB dan tersusun dari LEGO (mainan bongkar pasang). Alasan digunakannya LEGO yaitu karena karyawan Google butuh barang yang murah dan mudah dikembangkan seperti mainan LEGO tersebut. Katanya, warna balok-balok LEGO itu juga menjadi inspirasi desain logo Google. Terdengar seperti sejarah konyol bukan? Tapi itulah fakta uniknya.

Fakta unik 5: Tweet Pertama Google

Sejarah Tweet Pertama Google
Tweet pertama Google di Twitter sangat unik dan ber- sejarah. Bunyinya:
I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010.
Tweet yang dipost pada Februari 2009 tersebut memang sulit diterka oleh orang awam, tapi bagi yang mengerti biner, pasti bisa membacanya. Angka-angka tersebut bila diterjemahkan artinya "I'm Feeling Lucky." Sebuah kalimat yang terpampang di homepage Google.

Fakta unik 6: Google Perusahaan Dog-Friendly

Google Dog-FriendlyGoogle bisa dibilang sangat Dog-Friendly. Dog Policy (Kebijakan Anjing) pun diberlakukan di perusahaan. Setiap karyawan bahkan diperbolehkan membawa anjingnya ke kantor. Seperti gambar di samping adalah Yoshka, seekor anjing yang menemani Urs Holzle (senior VP operation) dan Google Fellow ke Googleplex. Berikut ini satu kutipan dari Google, "Kasih sayang Google untuk teman (anjing) kami adalah segi integral dari budaya korporat kami. Kami suka kucing, tetapi kami adalah Dog Company. Kucing akan stres jika mengunjungi kantor kami."

Fakta unik 7: Pemotong Rumput Unik Google

Google Menyewa KambingKalau biasanya rumput dipotong menggunakan alat pemotong rumput, Google menyewa 200 ekor kambing untuk memotong (atau lebih tepatnya memakan) rumput liar dan semak-semak di Google HQ. Kambing-kambing tersebut disewa dari California Grazing dan dijadikan lelucon April Mop. Google menyebutnya: "A lot cuter to watch than a lawn mower" yang artinya "Tampak jauh lebih lucu dilihat daripada sebuah pemotong rumput." 

Fakta unik 8: Snack Pertama Google

Snack Pertama GoogleSnack ber- sejarah pertama yang dipesan di kantor Google adalah permen kunyah bermerek "Swedish Fish" yang dipesan pada Februari 1999. Google memang selalu menyediakan snack dan minuman gratis untuk para karyawan dan barbeque setiap musim panas.

Brin dan Page pernah berkata, "Tidak ada Googler yang pergi lebih dari 100 kaki untuk makanan. Microkitchen (dapur kecil) sudah ditempatkan di sekitar kantor. Bahkan pada 2007 Googler mengonsumsi kira-kira 5.500 pound cokelat dari lemari microkitchen.
Previous
Next Post »