Asam Absisat (ABA)

Asam Absisat adalah hormon tumbuhan yang berperan dalam proses penuaan dan gugurnya daun. Asam Absisat (ABA) juga berperan penting dalam tahap inisiasi dormansi biji, maturasi biji, dan menjaga biji agar berkecambah di musim yang diinginkan.

Selain itu Asam Absisat (ABA) juga  berfungsi untuk mempertahankan tumbuhan dari tekanan lingkungan, seperti kekurangan air, kekeringan, musim dingin, dan kadar garam (salinitas) tinggi. Asam Absisat mencegah kekurangan air saat kekeringan dengan cara merangsang penutupan stomata pada epidermis daun sehingga transpirasi melalui stomata tidak terjadi. Asam Absisat (ABA) juga dapat membentuk lapisan epikutikula atau lapisan lilin untuk mencegah kehilangan air. Dalam menghadapi musim dingin, Asam Absisat (ABA) akan menghentikan pertumbuhan primer dan sekunder. Hormon Asam Absisat yang dihasilkan pada tunas terminal ini memperlambat pertumbuhan dan memicu perkembangan primordia daun menjadi sisik untuk melindungi tunas dorman selama musim dingin.

Asam Absisat (ABA) termasuk senyawa inhibitor (penghambat) dan bekerja antagonis (berlawanan) dengan hormon auksin dan hormon giberelin.
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Anonim
admin
1 September 2013 19.39 ×

oke saya beri komentar anda

Reply
avatar
Anonim
admin
31 Mei 2014 09.49 ×

(o) Sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
Anonim
admin
20 April 2015 09.31 ×

Good kakak :*

Reply
avatar
Kapal Layar
admin
12 Oktober 2015 04.53 ×

ABA ini jika dalam bentuk obat pertanian namanya apa ya gan? bisa merangsang buah diluar musim ngga?
makasih infonya gan.

Reply
avatar
Thanks for your comment