Mimpi Basah Saat Puasa, Batal Tidak Ya?

Mimpi Basah Saat PuasaMimpi basah saat puasa, apakah puasanya batal? | Mungkin pertanyaan ini sering diajukan terutama bagi kaum laki-laki, namun jawabannya simpang siur. Terkadang justru membuat galau sehingga seseorang yang mengalami mimpi basah di saat puasa memutuskan menghentikan puasanya karena mengira bahwa mimpi basah membatalkan puasa. Sebenarnya hal itu tidak dibenarkan, karena mimpi basah adalah hal yang tidak disengaja dan tidak dapat dikendalikan. 

Mimpi basah pada hakikatnya adalah ciri-ciri seks yang sehat, karena produksi sperma yang rutin. Sedangkan kita tahu, salah satu perkara yang membatalkan puasa adalah keluarnya air mani dengan sengaja. Jadi, mimpi basah digolongkan sebagai peristiwa keluarnya air mani tanpa disengaja dan tidak membatalkan puasa.

Nabi Muhammad SAW bersabda,
رفع القلم عن ثلاثة عن المجنون المغلوب على عقله حتى يفيق وعن النائم حتى يستيقظ وعن الصبى حتى يحتلم
“Tidak dicatat amalnya, untuk tiga orang: orang gila sampai dia sadar, orang yang tidur sampai dia bangun, dan anak kecil sampai dia balig.” (H.R. An-Nasa’i, Abu Daud, Turmudzi, dan Ibnu Majah; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Mimpi basah terjadi saat tidur, maka menurut hadist tersebut amal kita tidak dicatat sebagai suatu perbuatan dosa dan tidak pula membatalkan puasa. Pia yang mengalami mimpi basah diwajibkan mandi wajib/junub untuk mensucikan diri agar bisa melaksanakan ibadah sholat.

Berikut ini jawaban dari Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah atas pertanyaan serupa.
"Mimpi basah tidak membatalkan puasa karena mimpi basah dilakukan bukan atas pilihan orang yang berpuasa. Ia punya keharusan untuk mandi wajib (mandi junub) jika ia melihat yang basah adalah air mani. Jika ia mimpi basah setelah shalat shubuh dan ia mengakhirkan mandi junub sampai waktu zhuhur, maka itu tidak mengapa. ..."

Lain halnya dengan keluarnya air mani karena perbuatan yang disengaja, misalnya dengan cara onani atau berkumpul dengan istri. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan batalnya puasa.
Previous
Next Post »

55 comments

Click here for comments
Anonim
admin
29 Juni 2014 11.00 ×

bagus deh kalau ga batal..'' :)

Reply
avatar
Nanang
admin
1 Juli 2014 11.19 ×

Kan begitu juga dengan wanita,...mereka tidur di siang hari namun lantas mereka haid. Maka puasanya kan batal. Itu tidak disengaja dan diluar kendali. Tapi tetap batal. Gimana nih?

Reply
avatar
Mahdi Yusi
admin
4 Juli 2014 07.56 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
4 Juli 2014 10.43 ×

nah ini emang yg bikin galau kadang, soalnya pada simpang siur...

Reply
avatar
andika
admin
5 Juli 2014 14.33 ×

alhamdulillah ,, ngggak batal ya ,,,mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya di anprat.blogspot.com tmakasih skali lagi gan

Reply
avatar
gokilforce
admin
5 Juli 2014 16.28 ×

air mani/ sperma itu suci, mimpi basah disiang hari tidak membatalkan puasa, begitu juga jika air mani/ sperma terkena pakaian, maka tidak harus di ganti karena tidak najis, berbeda dengan haid, haid itu najis, karena itu, jika wanita datang haid ketika puasa maka batal lah puasanya
http://indonesiaindonesia.com/f/52756-hukum-sperma-najiskah-kena-sprei-celana/

Reply
avatar
Redha Derko
admin
7 Juli 2014 04.24 ×

Klw untk wnita yg trngsang krna liat gmbr porn gak papa kan? Cma liat aj gak ngpa2in. Mksh

Reply
avatar
Anonim
admin
8 Juli 2014 04.55 ×

kalau gk tau gmna kk?

Reply
avatar
Anonim
admin
10 Juli 2014 09.14 ×

cewek/cowok "orang gila sampai dia sadar, orang tidur sampai dia bangun, anak kecil sampai dia balig"

Reply
avatar
Anonim
admin
11 Juli 2014 09.45 ×

Alhamdulillah

Reply
avatar
Anonim
admin
11 Juli 2014 15.50 ×

gan saya mimpi basah nih, karena saya pikir kalau mimpi basah itu membatalkan puasa, saya minum, jadinya gimana itu ya gan ??

Reply
avatar
Anonim
admin
12 Juli 2014 03.56 ×

Ane mimbas di bln ramadahan dah 2x yg 1 pas lg puasa ane bimbang batal / gk ya yaudah ane pilih gk....hehehe slamat2

Reply
avatar
12 Juli 2014 11.09 ×

Nah sekarang kan udah tau itu nggak batal, jadi jgn diulangi lagi.
Kalau utk yg udah terlanjur dibatalin, kalau menurut saya sih batal, tp utk lebih jelasnya bisa tanya pak ustad.. :)

Reply
avatar
12 Juli 2014 11.10 ×

makasih gokilforce udah bantu jawab.. :>)

Reply
avatar
12 Juli 2014 11.13 ×

thanks udah bantu share, mudah2an berkah infonya.. :))
heheh
udah ane visit blognya, bagus banyak info bermanfaat :D

Reply
avatar
12 Juli 2014 11.15 ×

wkwkwk selamat gan.. pilihannya bener tuh :-)

Reply
avatar
13 Juli 2014 13.44 ×

Alhamdulillah... untung baca postingan ini.... hampir aja gua batalin puasa... hanya gara gara mimpi.... thankz atas postingan yg bermanfaat...

Reply
avatar
Tova Maulana
admin
13 Juli 2014 16.28 ×

alhamdulillah gan :) , bermanfaat banget nih :D , untung sebelum baca article in saya pilih gk batal, tetep ngelanjutin puasanya :D

Reply
avatar
Anonim
admin
14 Juli 2014 07.38 ×

kaq mau nanya nih? td kan aqu mimpi basah terus langsung mandi boleh ngak apa aku harus nmandi lag nanti pas duhur???

Reply
avatar
14 Juli 2014 20.20 ×

kalo menurut aqu, kalau udah mandi wajib (dgn niat mandi wajib) kan jadinya suci lagi, jadinya nggak perlu mandi lagi... :D

Reply
avatar
14 Juli 2014 20.22 ×

alhamdulillah...,
sip, sama2 gan... :>)

Reply
avatar
Anonim
admin
16 Juli 2014 12.25 ×

Klo aq mimpi basah pas tidur hbs sahur.. tpi aq kluar mani pas udh bgun gmna tuh batal ga ya

Reply
avatar
san
admin
16 Juli 2014 15.03 ×

Aduh saya telat udah terlanjur tak batalin puasaku, wes ra popo yg penting gak di ulang lagi kalau kejadian yg sama..

Reply
avatar
Anonim
admin
18 Juli 2014 15.43 ×

Gan kalo gue kemaren mimpi basah pas jam 10 pagi ,nah gue lanjut tidur lagi sampe jam 2siang abis itu mandi karna mau gawe ,sebelom mandi gue udah niat mau mandi wajib gan tp pas udah mandi gue lupa udah baca niat mandi wajibnya apa belom ,abis itu pas udah ashar gue solat ashar gan itu solatnya sah apa engga ya ?

Reply
avatar
Anonim
admin
24 Juli 2014 16.55 ×

bagus deh kalo begitu

Reply
avatar
Dewa Gama
admin
27 Juli 2014 13.26 ×

Alhamdulilah kaga batal ..

Reply
avatar
Gamis Baru
admin
9 Agustus 2014 10.22 ×

begitu ketetapannya ya kak?
sangat bermanfaat keterangan disini, thx ya kak

Reply
avatar
21 Juni 2015 08.53 ×

Saat kita mimpi basah bolehkah kita mandi wajib lngsung stelah mimpi basah atau mnunggu smpe selesai brbuka

Reply
avatar
Anonim
admin
21 Juni 2015 10.00 ×

Usahakam secepat mungkin setelah mimpi basah itu mandi junub gan, jangan menunggu buka, karena dalam kondisi hadas besar (keluar mani) kita tidak nisa sholat

Reply
avatar
21 Juni 2015 16.16 ×

Gan saya kan pas lagi puasa deg"an karena suatu hal ya, nah trus air mani saya gk sengaja keluar, padahal saya sama sekali gk ngebayangin atau mengkhayal yg jorok". Puasa saya batal gk tuh?

Reply
avatar
Akbar Imran
admin
24 Juni 2015 09.56 ×

Klo mimpi basahny pagi jam 9 batal ga?

Reply
avatar
24 Juni 2015 15.03 ×

Gan, kalau misalnya sedikit saja keluar gimana tuh gan? Ada unsur sengaja sih tapi hanya berbentuk butiran air dan tudak bau? Itu gimana?

Reply
avatar
doni
admin
24 Juni 2015 22.10 ×

makasih infonya

Reply
avatar
Mickel Lommy
admin
28 Juni 2015 09.47 ×

Gw telat bacanya.ya tuhan uda trlnjur batalin puasa krn takut puasa tapi ibadh y ga sah

Reply
avatar
hukum puasa
admin
30 Juni 2015 10.43 ×

akhirnya puasa sah
artikel bagus
terima kasih ya

Reply
avatar
4 Juli 2015 12.43 ×

Alhamdulillah...
Terima kasih ya atas informasinya !
Mudah - mudahan yang memberikan informasi ini ditambahkan pahalanya dan dihapus seluruh dosanya...Amin...

Reply
avatar
joko simdig
admin
4 Juli 2015 18.31 ×

Sama mas... Aku juga gak tau.. Trus aku batalin ..

Reply
avatar
5 Juli 2015 20.46 ×

Amin, makasih gan.. ^_^

Reply
avatar
14 Juli 2015 16.41 ×

Gan saya tdi siang mimpi basah , tapi ketika mimpi basah berlangsung saya terbangun dan langsungmenuju kamar mandi , apakah batal? Soalnya itu bukan kehendak saya tapo dimimpi saya itu sedang bercinta .. Termasuk bukan kehendak saya . Ga batal kan gan?

Reply
avatar
14 Juli 2015 16.47 ×

Cepat balas ya saya lagi galau nih

Reply
avatar
Unknown
admin
9 Juni 2016 08.02 ×

Alhamdulillah, saya kira membatalkan puasa

Reply
avatar
Unknown
admin
9 Juni 2016 08.02 ×

Alhamdulillah, saya kira membatalkan puasa

Reply
avatar
Andi Radika
admin
11 Juni 2016 07.33 ×

Alhadulillah semoga penulis blogger ini dirahmati Allah SWT

Reply
avatar
Ajeng Ariani
admin
11 Juni 2016 15.07 ×

Tapi kalo mandi wajibnya lewat dari shalat dzuhur boleh ga? Sya cwo pake akun cewe saya

Reply
avatar
Sarip
admin
14 Juni 2016 18.40 ×

Syukurlah ternyata tidak membatalkan puasa

Reply
avatar
Anonim
admin
18 Juni 2016 09.05 ×

Saya mau tanya nih, kan kalo mimpi basahnya setelah subuh boleh mandi pada saat mau sholet dzuhur, itu kan masih banyak waktu yg diri kita masih dalam keadaan junub, nah disenggang waktu itu , boleh ngga kita melakukan hal semacam onani lagi?, dengan alasan "kan msh junub, skalian aja nambah lagi".
soalnya dulu saya pernah kayak gitu. Kalo memang harus bayar fidyah yaa biar saya segera melunasinya. jujur kalo nanya ke ustadz langsung saya malu.
Mohon pencerahannya saudara - saudaraku~

Reply
avatar
2 Juli 2016 07.55 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
2 Juli 2016 08.01 ×

Yes ga batal,, tdi nya udah mau batalin puasa gara2 mimpi basah..

Reply
avatar
Thanks for your comment