Dewan Uni Eropa dan Tugasnya

Logo Dewan Uni EropaDewan Uni Eropa adalah lembaga yang terdiri atas menteri-menteri dari pemerintahan nasional semua negara anggota Uni Eropa. Sebelumnya dewan ini dikenal sebagai Dewan Menteri. Rapat-rapat dihadiri oleh menteri-menteri yang bertanggung jawab atas hal-hal yang akan dibahas. Kantor pusat Dewan Uni Eropa terletak di Brusel dan Luksemburg.

Secara keseluruhan, terdapat sepuluh format Dewan Uni Eropa, yang mana telah mencakup seluruh kebijakan Uni Eropa. Masing-masing negara anggota memiliki sejumlah suara dalam Dewan Uni Eropa yang secara umum mewakili jumlah populasinya, akan tetapi bersifat imbang untuk mendukung negara anggota yang lebih kecil.

Sebagian besar perundang-undangan dapat ditetapkan berdasarkan suara terbanyak, meskipun masalah-masalah sensitif dalam bidang tertentu seperti perpajakan, kebijakan luar negeri, dan keamanan seringkali mensyaratkan adanya suara bulat. Traktat Lisabon memperkenalkan sistem pengambilan suara mayoritas ganda, sehingga untuk dapat diberlakukannya suatu undang-undang, diperlukan 55% negara anggota Uni Eropa yang setuju, dan harus mewakili 65% dari jumlah penduduk Uni Eropa. Sistem pengambilan suara seperti ini akan mulai berlaku pada tahun 2014.

Apa Tugas Dewan Uni Eropa?

Dewan Uni Eropa berbagi tanggung jawab dengan Parlemen Eropa dalam menyetujui undang-undang dan mengambil keputusan mengenai kebijakan. Selain itu, Dewan Uni Eropa juga bertugas memegang tanggung jawab utama untuk apa yang dilakukan Uni Eropa dalam bidang kebijakan luar negeri dan keamanan bersama, serta masalah peradilan dan kebebasan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment