Parlemen Eropa dan Tugasnya

Logo Parlemen EropaParlemen Eropa adalah badan parlementer Uni Eropa yang mewakili warga negara Eropa dan dipilih langsung oleh masyarakat Eropa. Parlemen Eropa dipilih setiap lima tahun sekali oleh masyarakat Eropa untuk mewakili kepentingan mereka. Saat ini, Parlemen Eropa memiliki 766 anggota yang berasal dari 28 negara anggota Uni Eropa dan dipresideni oleh Martin Schulz dari Jerman.

Para anggota Parlemen Eropa tidak duduk dalam blok nasional, tetapi dalam kelompok politik Eropa. Semua pandangan mengenai integrasi Eropa terwakili dalam Parlemen Eropa, mulai  dari pro-federalis sampai ke “Euroskeptis”.

Kantor administrasi Parlemen Eropa berlokasi di Luksemburg. Perteman seluruh Parlemen Eropa, yang dikenal dengan sebutan “sidang pleno” berlangsung di Strasbourg (Perancis) dan terkadang di Brusel (Belgia). Rapat-rapat komite juga berlangsung di Brusel.
Ruang Sidang di Strasbourg
Ruang Sidang di Strasbourg

Apa Tugas Parlemen Eropa?

Tugas utama Parlemen Eropa adalah untuk menyetujui perundang-undangan Eropa. Parlemen Eropa berbagi tanggung jawab dengan Dewan Uni Eropa, dan rancangan undang-undang baru diajukan oleh Komisi Eropa. Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa juga berbagi tanggung jawab dalam memberikan persetujuan atas anggaran tahunan Uni Eropa (sebesar 132,8 milyar pada tahun 2013).

Parlemen Eropa memiliki wewenang untuk membubarkan Komisi Eropa. Parlemen Eropa juga mengangkat Ombudsman Eropa, yang menyelidiki keluhan warga negara mengenai keburukan administrasi lembaga-lembaga Uni Eropa.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment