Apa Itu Pupuk Kompos?

Sebelum bisa membuat kompos sendiri, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh apa itu pupuk kompos. Di postingan ini akan saya jabarkan apa itu pupuk kompos.

Menurut Edi Warsidi dalam buku "Mengolah Sampah Menjadi Kompos", Kompos adalah hasil dari penguraian parsial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembab, dan aerobik atau anaerobik.

foto: wikipedia
Sedangkan pengomposan adalah proses penguraian bahan organik secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi. Membuat kompos adalah mengatur dan mengontrol proses alami tersebut agar kompos dapat terbentuk lebih cepat.

Secara alami bahan-bahan organik akan mengalami penguraian di alam dengan bantuan mikroba maupun biota tanah lainnya. Namun proses pengomposan yang terjadi secara alami berlangsung lambat. Untuk mempercepat proses pengomposan ini telah banyak dikembangkan dengan teknologi pengomposan, dari yang sederhana sampai teknologi tinggi menggunakan mesin modern.

Pengomposan secara aerobik paling banyak digunakan karena mudah dan murah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan kontrol yang sulit. Dekomposisi bahan dilakukan oleh mikroorganisme di dalam bahan itu sendiri dengan bantuan udara. Adapun pengomposan anaerobik memanfaatkan mikroorganisme anaerob yang tidak membutuhkan udara dalam mendegradasi bahan organik.

Referensi:
Warsidi, Edi. 2010. Mengolah Sampah Menjadi Kompos. Jakarta: 2010.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment