Cara Memasang Objek Flash di Postingan Blog

Mungkin kamu bosan, kalau isi postingan kamu hanya tulisan, tulisan dan gambar. Kamu juga mungkin sempat terpikir untuk memposting sesuatu yang lain, misalnya objek animasi berbasis flash. Ya, memang objek flash memberi kesan menarik di blog. Dengan flash, kamu bisa menayangkan flash game, gambar, atau aplikasi.
Cara Memasang Objek Flash di Postingan Blog

Di postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang dan menampilkan objek flash di dalam postingan blog. Sebelumnya, saya definisikan apa yang saya ketahui tentang objek flash.

Objek Flash adalah objek berupa gambar, animasi, video, game, atau aplikasi berbasis flash yang dapat dibuka menggunakan flash player.

Agar  dapat menjalankan flash object, browser kamu harus dipasang Flash Player Plugin yang bisa kamu download disini. Tapi browser-browser modern zaman sekarang, misalnya Google Chrome sudah dilengkapi plugin ini. Untuk lebih jelasnya, kamu boleh melihat beberapa postingan saya yang memuat objek flash, bisa intip beberapa artikel berikut:

-          Audio player

-          Game flash

-          Animasi

Semua postingan di atas memuat objek-objek flash yang memiliki fungsi masing-masing. Daripada bertele-tele, langsung saja saya berikan tutorial mudahnya:

1. Buat posting baru di blog.

2. Masuk ke tab HTML.

3. Copy dan paste kode berikut:

<object data="http://hotlink objek kamu.swf" width="lebar" height="tinggi"  type="application/x-shockwave-flash" ><param name="quality" value="high" border="1"></object>

Penjelasan:
Kode warna Merah adalah hotlink menuju objek kamu. Kalau kamu sudah punya objek flash yang berekstensi .swf, kamu harus meng-upload game tersebut ke internet dan mendapatkan hotlinknya. Beberapa penyedia layanan hosting file ternama seperti Ziddu dan 4Shared tidak memberikan hotlink, jadi file harus didownload terlebih dahulu, baru bisa dijalankan. Sedangkan yang kita butuhkan adalah file objek flash yang dapat dijalankan langsung di browser tanpa perlu didownload terlebih dahulu. Itulah mengapa kita memerlukan hotlink untuk memasang objek flash di dalam postingan. URL objek (hotlink) harus berakhiran .swf. Kalau kamu ingin mempelajari lebih lanjut apa itu Hotlink, klik disini.

Kode warna Biru adalah ukuran objek yang ingin kamu tampilkan. Sesuaikan saja ukuran objek dengan layout blog kamu atau boleh sesuai keinginan. Satuan ukurannya dalam pixel. Kalau ingin menampilkan ukuran original objek, hilangkan saja kode: width=”” height=””.

Kode warna Hijau adalah kualitas objek. Quality dapat kamu ubah menjadi: high, medium, atau low. Semakin rendah quality, maka kualitas tampilan gambar akan semakin buruk tetapi komputer mampu memprosesnya dengan lebih ringan. Sedangkan high quality memerlukan memory yang lebih besar untuk menjalankannya. Tapi itu semua tergantung performa komputermu.

Kode warna Oranye adalah tebal border (bingkai) yang mengelilingi objek flash. Jika tidak ingin menggunakan border dapat diisi dengan “0”.


Simpel bukan? Memang dalam mengedit HTML diperlukan ketelitian, tapi kode HTML untuk objek flash yang ini cukup mudah dan tidak rumit. Nah, kalau sudah mengerti cara memasang objek flash di postingan blog, sekarang kita lihat contohnya.

Contoh 1:

Saya ingin memasang sebuah game flash PACMAN dengan kualitas rendah, lebar 100 pixel, tinggi 300 pixel, dan border 2 pixel. Maka, kode yang saya masukkan adalah:

<object data="https://sites.google.com/site/mulanovich11/home/my-files/Pacman%20-%20mulanovich.swf" width="400" height="600"  type="application/x-shockwave-flash" ><param name="quality" value="low" border="2"></object>
Hasilnya:
Contoh 2:
Saya ingin memasang sebuah aplikasi flash jam digital dengan kualitas tinggi, lebar 100 pixel, tinggi 50 pixel, dan tanpa menggunakan border. Maka kode yang saya masukkan adalah:
<object data=https://sites.google.com/site/mulanovich11/home/my-files/Jam%20Digital%20-%20mulanovich.swf width="100" height="50"  type="application/x-shockwave-flash" ><param name="quality" value="high" border="0"></object>
Hasilnya:
Sekian penjelasan saya, semoga mudah dimengerti. Kalau ada pertanyaan bisa comment di bawah.
Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
JODHA
admin
12 Februari 2015 00.41 ×

http://hotsexual.blogspot.com/2015/02/obat-tato.html
http://hotsexual.blogspot.com/2015/02/obat-kuat-seks.html
http://hotsexual.blogspot.com/2015/02/obat-pembesar-penis.html
http://hotsexual.blogspot.com/2015/02/hokimarketcom-jual-obat-vimax-asli.html
http://hotsexual.blogspot.com/2015/02/obat-kuat-oles.html

Reply
avatar
2 Maret 2015 11.51 ×

bermanfaat bgt ni cara"nya trimakasih ya udah mau ngasih tau gimana caranya membantu bgt

http://cbs-bogor.net/

Reply
avatar
dian herlina
admin
2 Maret 2015 16.35 ×

thanks ya nanti akan saya coba pasti blog saya jdi keren dan ga ngebosenin

www.kaffah.biz

Reply
avatar
4 Desember 2015 22.18 ×

hmm... lagi rencana buat aplikasi flash quizioner dalam bentuk game sederhana, ternyata gak langsung pasang link yaa. he he he..

Reply
avatar
Thanks for your comment