Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Panas

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang PanasPernah nggak mengalami PC/Laptop yang panas? Hati-hati lho, temperatur PC/Laptop yang terlalu panas (overheat) akan berdampak pada kinerja hardware, merusak komponen-komponen, bahkan sampai merusak motherboard. Tidak hanya itu, laptop yang panas tentu tidak nyaman disentuh ketika menggerakkan trackpad atau saat mengetik.

Panas dihasilkan dari penggunaan energi listrik oleh komponen hardware PC/laptop. Sebenarnya di dalam perangkat PC dan laptop sudah tertanam kipas yang mengatur sirkulasi udara agar panas yang dihasilkan dapat keluar dari perangkat komputer sehingga suhu tidak terlalu panas.

Suhu laptop maksimum adalah 105o C. Jika suhu laptop kamu lebih panas dari itu, maka akan otomatis mati untuk menghindari kerusakan akibar overheat. Nah, untuk mengetahui berapa suhu laptop, kamu bisa download software untuk mengetahui suhu PC/Laptop disini.


Penyebab Laptop Panas?

Kenapa laptop bisa panas?

    Kotoran di Lubang Pembuangan Udara Panas Laptop
    sumber: hex.ro
  • Periksa kipas/fan komputermu, apakah masih berputar? Kalau kipas tidak berputar, panas yang dihasilkan tidak dapat dikeluarkan dari komputer/laptop.

  • Periksa lubang udara laptopmu, apakah tersumbat oleh kotoran? Kalau kipas masih berfungsi, kemungkinan panas tidak dapat keluar dengan baik karena lubang pengeluaran udara yang tersumbat oleh debu dan kotoran.

  • Dimana kamu menggunakan laptop? Faktor permukaan tempat kamu meletakkan laptop ternyata juga mempengaruhi proses pengeluaran panas. Jangan letakkan laptop di atas bantal atau kasur, karena bisa menyerap panas. Permukaan bantal dan kasur yang panas malah menambah panas laptop dari bawah. 


Cara Mengatasi Laptop yang Panas?

Kalau laptop kamu panas, mungkin solusi-solusi berikut bisa membantu:
  • Kalau kipas atau fan PC/laptop sudah tidak berfungsi, segera ganti dengan yang baru.
    USB Cooling Fan Pad
    sumber: indonetwork.co.id
  • Bersihkan lubang pengeluaran udara panas secara teratur.
  • Sebaiknya letakkan laptop di permukaan yang datar dan keras seperti meja atau lantai. Untuk kamu yang suka menggunakan laptop di kasur, kamu bisa meletakkan papan atau buku yang lebar dan datar di bawah laptop sebagai alas.
  • Gunakan USB Cooling Fan Pad yang bisa kamu beli langsung di toko akseoris komputer terdekat atau secara online di online shop. Alat ini adalah kipas tambahan yang diletakkan di bawah laptop. Sumber listriknya berasal dari kabel USB yang disambungkan ke slot USB di laptop kamu.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Adhi Gunawan
admin
12 Februari 2015 07.33 ×

https://lh5.googleusercontent.com/-XCXdaCYaOGE/T2WEcmd15EI/AAAAAAAACbQ/Z5UyZCuX4Xo/s36/20.gifhttps://lh4.googleusercontent.com/-hk3q3tP-0Pg/T2WEcRONc5I/AAAAAAAACbY/bJ00rge5Mq8/s36/16.gifhttps://lh6.googleusercontent.com/-0-zgLVgK2Cg/T2WEY10FXuI/AAAAAAAACag/dyKQ5pPUIGQ/s36/11.gif

Reply
avatar
Thanks for your comment