Kumpulan Info Unik Seputar Islam (Bag. 3)

Gambar dari sini:
http://www.scienceislam.com/
Alhamdulillah, rubrik kumpulan info unik seputar Islam sudah mencapai seri ketiga. Di momen bulan Ramadhan ini, semoga berbagi ilmu agama bisa membawa manfaat bagi kita. Semua informasi yang saya tuliskan disini saya dapat dari sumber-sumber majalah islami yang insya Allah relevan.

Berita Gembira dari Malaikat Jibril untuk Kalian Semua

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Zar r.a.dikatakan bahwa barang siapa yang tidak berlaku syirik terhadap Allah swt. dijamin masuk surga. Rasulullah saw. bersabda:
"Malaikat Jibril datang kepadaku untuk menyampaikan berita gembira, yaitu barang siapa di kalangan umatku yang di akhir hayatnya tidak menyekutukan Allah swt. dengan bentuk penyekutuan apapun, niscaya dia akan dimasukkan ke dalam surga." "Sekalipun dia pernah berzina dan mencuri," sela sahabat. "Ya! Biarpun dia pernah berzina dan mencuri!" jawab Nabi saw.

10 Sahabat yang Pasti Masuk Surga

Kesepuluh sahabat Rasulullah yang mendapat kabar dipastikan masuk surga adalah:

  1. Abu Bakar As Shiddiq,
  2. Umar bin Khattab,
  3. Utsman bin Affan,
  4. Ali bin Abi Thalib,
  5. Thalhah bin Ubaidillah,
  6. Zubair bin Awwam,
  7. Abdurrahman bin Auf,
  8. Sa'ad bin Abi Waqqash,
  9. Sa'id bin Zaid,
  10. Abu Ubaidillah bin Al Jarrah.
Selain kesepuluh sahabat tersebut, dalam beberapa hadits juga disebutkan nama-nama lain di antaranya Khadijah bin Khuwailid, Fatimah Al Zahrah, Khalid bin Walid, Abu Hasan Ali bin Ali, dan Bilal bin Rabbah.


10 Manusia yang Dipastikan Masuk Neraka

Orang-orang yang dipastikan masuk neraka yaitu:
  1. Abu Lahab,
  2. Isteri Abu Lahab,
  3. Fir'aun,
  4. Qarun,
  5. Qabil,
  6. Kan'an,
  7. Isteri Nabi Luth,
  8. Isteri Nabi Nuh,
  9. Azar (ayah Nabi Ibrahim),
  10. Raja Namrud.

7 Manusia yang Dinaungi Allah

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, "Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi Allah. Golongan tersebut ialah:
  1. pemimpin yang adil,
  2. pemuda yang senantiasa beribadah kepada Allah,
  3. seseorangn yang hatinya senantiasa berpaut pada masjid,
  4. dua orang yang saling mengasihi karena Allah,
  5. seorang lelaki yang diajak oleh seorang perempuan untuk melakukan maksiat tetapi menolak,
  6. seorang yang memberi sedekah tetapi dia merahasiakannya,
  7. seseorang yang ingat Allah di malam hari hingga mengalir air matanya.

Jum'at adalah Hari Raya Penghuni Surga

Di akhirat, lebih khususnya di surga, nanti juga akan ada hari-hari sebagai pernanda waktu sebagaimana di dunia. Kalau di dunia hari dimulai dari Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu. Sedangkan di surga hari akan dimulai dari hari Jum'at, kemudian Sabtu, Minggu, Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis.

Setiap hari para penghuni surga akan saling kunjung-mengunjungi. Anak akan mengunjungi orangtuanya, murid mengunjungi gurunya, umat mengunjungi nabinya, begitu pula sebaliknya. Puncaknya adalah pada hari Jum'at dimana hari itu merupakan hari raya bagi penghuni surga. Sebab, hari itu merupakan hari yang dikhususkan untuk menemui Allah swt. (diambil dari rujukan kitab Al-Jauhar Al Mauhub).


Melihat Rasulullah SAW dalam Mimpi

Pernahkah kamu bermimpi melihat Rasulullah saw? Jika kamu yakin bermimpi melihat beliau, maka sosok yang Anda lihat dalam mimpi tersebut adalah Rasulullah SAW yang sebenarnya. Syaitan tidak bisa menyerupai sosok Nabi SAW baik dalam mimpi maupun di luar mimpi.


Hati Manusia ada 4 Jenis

Hati manusia terbagi menjadi empat jenis, yaitu kafir, munafik, mukmin, dan separuh beriman separuh munafik. Abu Daud telah meriwayatkan dalam suatu riwayat yang dipetik oleh Huzaifah bin Nu'man, ia berkata:
"Semua hati terbagi kepada empat jenis, hati yang tertutup, yaitu hati bagi orang-orang kafir. Hati yang ibarat buah kedondong, baik (halus) pada luarnya, tetapi dalamnya berduri. Hati yang suci, di dalamnya hanya ada lampu yang bercahaya, maka itulah hati orang-orang Mukmin. Dan terakhir hati yang diibaratkan seperti sebatang pohon dimana air yang bersih mengalir ke akarnya. Dan separuh lagi munafiq bagaikan luka yang mengeluarkan air dalam bentuk nanah dan darah. Maka di antara air yang bersih dan kotor saat dicampur, sudah tentu berlaku hukum yang banyak mengalahkan yang sedikit."




Previous
Next Post »
Thanks for your comment