Puisi: Dilema Membuat Puisi

Udah lama nggak posting lagi, sampai langganan blog ini pada kabur. Daripada bingung mau nulis apa, mending gw posting yang ringan-ringan aja deh, yaitu puisi karya Muhammad Labib Naufaldi.

Sastrawan "wanna be" ini memang belum memiliki nama besar seperti pujangga-pujangga tersohor semisal Taufik Ismail, Rendra, Chairil Anwar, dll tapi karya-karyanya tidak terlalu bagus juga karena masih belajar. Walaupun begitu puisinya 100% orisinil karya sendiri. (Jelek-jelek karya sendiri bro)

Kalau kalian ingin menggunakan puisi ini untuk dibacakan di depan kelas, boleh kok. Tapi nama pengarangnya jangan dirubah ya. ^^

Nah silahkan simak puisi pertama:


Dilema Membuat Puisi

                                       Karya: M. Labib Naufaldi


ilustrasi: mulanovich
Ssst! Jangan berisik!
Aku butuh ketenangan
Untuk menulis
...

Terimakasih
Mungkin kalian tak acuh
Akan apa yang kutulis
Tapi ingin kutunjukkan pada dunia
Bahwa aku bisa!

Aku ingin menulis
Barang satu dua bait
Namun tangan ini kaku

Dasar bodoh!
Sejauh ini baru dua kalimat
...

Tapi aku tak boleh patah semangat
Aku yakin!
Puisiku akan seindah ”Surat Dari Ibu”
Puisiku akan sehebat ”Aku”
Puisiku akan segarang ”Doa Orang Lapar”
Dan setajam ”Pisau”
Dengan landasan semangat bak ”Diponegoro”
Ku yakin dua bait kan terbentuk

Kucoba tenang sejenak
Kupandang bumi indah nan damai
Kubayangkan carut marut negeri ini
Dan korban-korbannya yang nestapa
Kudengar merdunya nyanyian burung
Melawan bisingnya suara motor
Dan kuingat orang-orang dekatku

Mencairlah emosi yang masif
Kutuang menjadi butir-butir huruf
Dalam rangkaian bait-bait puisi
Tanpa sadar aku telah menggores
Selembar puisi
Inilah delapan bait puisi
Untuk engkau yang berdilema menciptanya

(Juli, 2012)
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Anonim
admin
1 Desember 2014 12.15 ×

Kasih (h) buat Mas Labib Naufaldi.
Ijin copas ya, buat adek belajar d rmh.

Reply
avatar
hafseen
admin
21 Maret 2015 18.14 ×

wokwokwokwokkkk

Reply
avatar
26 Maret 2015 05.02 ×

"hafseen" kayak kenal nih wkwkokwokwow :ng

Reply
avatar
Thanks for your comment