Rumus Kebahagiaan dari Mbah Google

Siapa yang tidak kenal mbah Google? Raksasa teknologi yang bermarkas di Mountain View, California, AS ini diandalkan banyak orang untuk mencari informasi melalui mesin pencari Google miliknya. Selain mesin pencari, banyak juga layanan serta aplikasi online seperti Google Mail, Google Drive, Google Maps, Youtube, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, besarnya kerajaan Google seakan menguasai dunia maya yang kian luas.
Rumus Kebahagiaan dari Mbah Google
bbc.com

Namun siapa yang menyangka, salah satu insinyur Google tidak hanya mengurusi masalah teknologi, tetapi juga tentang psikologi dan kehidupan. Dialah Chad-Meng Tan, salah satu insinyur sesepuh Google yang mencetuskannya.
Awalnya dia khawatir terhadap rekan-rekan kerjanya yang mengalami stress dan tidak bahagia dalam pekerjaan. Kemudian dia berinisiatif untuk membuat pelatihan yang diberi nama "Search Inside Yourself" yang kemudian dibuat pula buku dengan judul yang sama. 

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana sih rumus untuk hidup bahagia versi mbah Google, ini dia:

Langkah 1. Tenangkan pikiranmu

Tenangkan Pikiran
huffingtonpost.com
Langkah pertama yang diajarkan oleh Om Chad-Meng Tan adalah melatih pernafasan. Tujuannya adalah untuk menenangkan partikel-pertikel halus yang ada di otak. Banyak ahli bilang (dibuktikan oleh 209 studi), meditasi baik bagi kesehatan mental dan mampu mengurangi depresi, stress serta gelisah.

Bahkan beberapa peneliti mengakui bahwa reduksi stress setelah meditasi dapat menghambat penuaan. Om Meng pun menyarankan, istirahatlah sejenak di siang hari ketika beraktivitas dan mengatur pernafasan.



Langkah 2. Ingatlah Waktu-Waktu Senang

Ingat Waktu-Waktu Senang
quotes-kid.com
Misalnya mood kamu sedang bagus di pagi hari, semangat sambil menikmati secangkir kopi dan bercanda bersama teman-teman kamu, tentu kami merasa senang bukan? Lalu saat hal yang kurang menyenangkan terjadi membuat kamu bete seharian, seakan waktu-waktu menyenangkan yang sudah kamu lalui seakan tidak terjadi. Kamu terus menyimpan kejadian buruk yang menimpa kamu sampai pada malam hari kamu menyimpulkan, 'hari ini adalah hari yang menyedihkan'. Itulah yang harus kamu hindari. Sebaiknya kamu tekankan momen-momen bahagia dalam memori kamu, dan buang pikiran negatif.

Peneliti bidang psikologi, Barbara Fredrickson menyatakan bahwa dibutuhkan perbandingan antara hal positif dan negatif sebesar 3:1 untuk membebaskan pikiran dari yang namanya negative thinking. Ada juga sebuah penelitian pada tahun 2006 membuktikan, orang yang menuliskan pengalaman positifnya di buku diary memiliki rasa syukur yang lebih besar, dan efeknya bertahan sampai dua minggu ke depan.



Langkah 3. Berharaplah Orang Lain Juga Bahagia

Menurut Meng, pemikiran altruistik (mementinkan kepentingan orang lain) sangat baik bagi kita karena dengan memberi, kita mendapat lebih banyak kebahagiaan daripada menerima. Jadi, untuk mendapatkan kebahagiaan, bahagiakanlah orang lain. Jangan bahagia sendirian, apalagi sedih melihat oranglain bahagia.
Berbagi Kebahagiaan
flashuser.net




Informasi ini sumbernya dari sini:
http://www.bbc.com/future/story/20141110-googles-algorithm-for-happiness

Previous
Next Post »