3 Desember, Hari Difabel Internasional

Di antara hari-hari besar yang dirayakan dalam satu tahun, mungkin Hari Difabel Internasional (International Day of Persons with Disabilities) adalah salah satu yang kurang dihiraukan. Coba kamu tanya orang-orang disekitarmu, kapankah hari besar internasional ini diperingati? Mungkin kamu hanya akan mendapat jawaban berupa gelengan kepala atau kernyitan dahi.

International Day of Persons with Disabilities (IDPD) atau Hari Difabel Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Penetapan tanggal 3 Desember sebagai Hari Difabel Internasional dilakukan melalui Resolusi Nomor 47/3 Tahun 1992 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada hari besar ini terselenggara banyak event di banyak negara, baik yang diorganisir oleh PBB maupun hasil inisiatif negara yang memiliki kepedulian terhadap kaum difabel. Event tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang kampanye kepada masyarakat untuk meningkatkan perhatian kepada kaum difabel. Tetapi bukan berarti perhatian terhadap kaum difabel hanya diberikan pada hari ini, melainkan setiap saat dan sepanjang tahun.
sumber: enabled.in

Kaum difabel adalah kaum minoritas terbesar di dunia. PBB memperkirakan ada lebih 15% penduduk dunia mengalami disabilitas. Jika dihitung, maka jumlahnya lebih dari 1 miliar orang. Jumlah yang cukup banyak ini menyebabkan kita tidak terlalu sulit menemukan orang dengan disabilitas di sekitar kita.

Seringkali ada rintangan yang menghalangi kaum difabel untuk ikut serta dalam interaksi di lingkungan sekitar dan masuk ke masyarakat. Melalui peringatan ini, kita bersama-sama harus menyingkirkan penghalang tersebut supaya kaum difabel dapat berpartisipasi penuh di dalam kehidupan sosial.

sumber: acpet.edu.au


Referensi

http://www.un.org/disabilities/default.asp?id=1597
http://www.andriewongso.com/articles/details/5905/Hari-Difabel-Internasional

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Rahma Tika
admin
5 Juni 2015 00.19 ×

trimakasih gan informasinya


Jual Joystick
Jasa download murah
Mouse gaming
game pc murah

Congrats bro Rahma Tika you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment