Ketika Jerat Rutinitas Bikin Harimu Hambar, Ayo Langkahkan Kakimu Ke Luar


Rutinitas yang itu-itu saja seakan menjadi pola hitam putih yang membosankan. Bangun tidur, sarapan, sekolah/kuliah/kerja, pulang, tidur, bangun lagi... Kadang kita jenuh dengan semua itu hingga merasa bahwa hidup ini hampa. Kita terus berlari hingga payah, namun kita mengetahui apa sebenarnya yang kita cari dalam hidup ini. Kita seperti terjebak dalam lingkaran rutinitas yang mengurung kita. Keluarlah sejenak dari siklus membosankan itu untuk mengembalikan gairah hidup kita kembali!


Mengapa kita selalu mengejar kekayaan? Rumah, mobil, uang yang banyak, itukah yang kita cari? Sungguh rugi jika setiap detik waktu yang kita miliki dihabiskan untuk mengejar harta. Padahal materi tidak dapat menjamin kebahagiaan. Sebagian orang berpikir barang-barang mewah dapat selalu mewarnai hidup mereka. Tetapi realitanya banyak hartawan dengan kelimpahan materi yang justru tidak bahagia. Sementara sebagian lainnya tidak memerlukan banyak harta dan merasa bahagia dengan hidupnya. Rasa syukur yang besar atas apa yang mereka miliki, rasa senang atas apa yang mereka lakukan, dan kasih sayang dari orang-orang sekitar sudah cukup untuk membuat mereka tersenyum.



Kebahagiaan adalah hak bagi semua orang. Kebahagiaan menentukan bagaimana seseorang akan menjalani hidup, tetapi kebahagiaan ditentukan oleh bagaimana orang tersebut memaknai hidup. Jadi, dengan bersyukur atas hidup yang dimiliki, selalu berpikir positif, dan mengambil hikmah dari segala peristiwa yang terjadi, akan memudahkan kita memetik makna tersirat dari hidup. Makna berupa warna-warni dengan perpaduan harmonis akan tampak indah dibanding warna monokromatik yang terkesan monoton.

Untuk mencari kebahagiaan sebenarnya tidaklah sulit dan tidak mahal. Salah satu caranya ialah dengan beraktivitas outdoor. Melakukan kegiatan di luar, bersosialisasi dengan banyak orang, dan mencoba hal-hal baru akan meningkatkan index of happiness. Peristiwa unik akan kita alami, pengalaman-pengalaman berkesan akan kita dapatkan dari apa yang kita temui di luar sana. Kenangan indah akan terangkai di memori, menjadi kisah yang tidak terlupakan dan selalu terkenang.




Dari data BPS, indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia tahun 2014 sebesar 68,28 dari skala 0-100. Ada 10 aspek penunjang kebahagiaan, di antaranya yang paling tinggi indeks kepuasannya adalah ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, dan kondisi lingkungan. Ini menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap aspek-aspek tersebut tinggi sehingga dapat meningkatkan kebahagiaan. Nah ketiganya dapat kamu temukan di luar.

Kalau setiap hari kamu banyak berdiam diri di dalam ruangan, entah itu kamar, rumah, kelas, maupun kantor tentu lama-kelamaan akan timbul energi negatif yang hinggap di hati dan pikiran. Rasa bosan, jenuh, sedih, dan pikiran-pikiran negatif akan menurunkan indeks kebahagiaan, membuat kita tenggelam dalam kehampaan hidup yang penuh dengan duka, dan sepi. Dengan pergi ke luar

Lupakan bebanmu, lepaskan tali pengikat yang menjeratmu, langkahkan kakimu ke luar, lihatlah dunia di depan matamu, tengoklah cerahnya langit dimana hangatnya mentari menyambutmu. Lakukan hal-hal menyenangkan, larutlah dalam keceriaan, biarkan senyum mengembang pertanda kebahagiaan merasuk ke jiwa.




Apa yang bisa kamu lakukan di luar?


Nggak usah bingung mau ngapain di luar, karena banyak sekali hal-hal menyenangkan untuk dilakukan. Sebagai contoh, mungkin kegiatan-kegiatan berikut bisa kamu lakukan.



Hangout bareng teman-teman

Daripada berdiam diri sendirian, lebih baik having fun bersama teman-teman. Melakukan sesuatu bersama, entah itu jalan-jalan keliling kota, makan-makan, nonton bioskop, atau hanya sekedar ngobrol tatap muka satu sama lain, pasti ampuh mengusir rasa sepi.
Makan-makan di luar adalah kegiatan yang biasa dilakukan ketika hangout bareng teman-teman.
Meski cuma makan-makan di warteg, bisa tetep having fun kok, yang penting kebersamaannya.


Gabung komunitas
Punya banyak waktu, tetapi cuma dihabiskan untuk nge-gabut sendirian? Ikutan komunitas aja! Pilih komunitas mana yang sesuai dengan bakat serta minat kamu. Bisa komunitas pecinta musik, sosial, otomotif, pecinta alam, aktivis lingkungan, dan masih baaanyak lagi. Disana kamu akan ketemu orang-orang yang punya passion sama dengan kamu, jadi mudah menemukan teman ngobrol yang nyambung dengan kamu. Selain itu, waktu dan tenaga kamu nggak akan terbuang sia-sia karena ada manfaat yang diberikan kepada masyarakat dari kegiatan-kegiatan di komunitas tersebut. Apalagi kegiatan tersebut bersifat sosial dan membawa manfaat bagi masyarakat. Pastinya akan lebih baik karena dengan membahagiakan orang lain, kamu akan mendapatkan kebahagiaan.
Bersama dalam satu komunitas dengan minat yang sama akan membuatmu nyaman
Kegiatan di komunitas akan memupuk persatuan, kekompakan, dan solidaritas.

Aksi sosial dapat membahagiakan orang lain dan diri sendiri loh...


Rekreasi ke objek wisata
Rekreasi merupakan obat mujarab untuk mengusir penat dan menghilangkan stress. Pilih objek wisata yang kamu sukai, sesuaikan juga dengan omset dan suasana hati. Jika menginginkan suasana santai dan riang, kamu bisa mengunjungi pantai, atau jika merindukan kedamaian dan ketenangan, villa di atas gunung bisa menjadi pilihan. Wisata ke museum, planetarium, atau candi selain bisa mengusir jenuh, juga menambah wawasanmu.
Liburan di objek wisata paling ampuh untuk refreshing
Objek-objek wisata dalam negeri memang amat memukau, tapi tidak ada salahnya kamu sesekali mengunjungi objek wisata negara lain. Mulai dari negara-negara tetangga, Eropa, sampai ke Amerika. Semua punya ciri khas dan keunikan masing-masing.
Liburan ke luar negeri akan mebawa kebahagiaan luar biasa, sebanding dengan modal yang dikeluarkan



Jalan-jalan ke taman
Taman emang tujuan paling asik buat sekedar jalan-jalan dan refreshing. Selain murah, pemandangannya juga indah oleh rangkaian hijaunya pepohonan dan bunga-bungan nan cantik. Disana kamu bisa lari pagi, bersantai sambil mendengarkan musik, baca buku, mengobrol dengan teman, atau beli jajan di pedagang-pedagang kaki lima.
Nggak perlu keluar duit untuk menikmati keceriaan di taman


Keluar untuk sekadar cari objek foto
Mengabadikan momen-momen indah akan memberikan kesan dan kenangan dalam memori kita. Kenangan-kenangan indah kemudian akan menumpuk membentuk kebahagiaan. Banyak orang merasa tidak bahagia karena ia melupakan kenangan indah dalam hidupnya dan hanya mengingat kejadian-kejadian buruk yang menimpanya. Nah dengan berfoto di tengah suasana ceria, kebahagiaan akan dapat kita kenang selalu
.
Tapi kalau lagi nggak ada occasion penting, alias cuma sekadar keluar tanpa tujuan yang jelas dan cuma nyari objek yang bagus untuk berfoto, hal itu lebih baik daripada hanya berdiam di rumah. Tidak perlu jauh-jauh, di lingkungan sekitar rumah, kampus, atau kantor juga pasti ada lokasi yang ajib untuk berfoto.
Nggak perlu jauh-jauh ke pantai, gunung, dll, nyari objek foto di sekitar kampus juga oke

Selain lokasi, kamu juga bisa mem-variasikan gaya foto kamu biar nggak itu-itu aja. Biasanya akan timbul canda dan tawa mengiringi prosesi selfie yang kalian lakukan. Pasti akan berkesan dan terkenang terus deh!
Pose selfie anti mainstream yang fun abis


Ikut festival/perayaan
Di setiap daerah pasti memiliki event-event seru yang penuh dengan kemeriahan. Misalnya perayaan tahun baru, malam takbiran, 17 Agustus-an, Kartinian, dll. Karena event-event tersebut terselenggara secara periodik, maka jarang-jarang ada kesempatan untuk merayakannya. Keluarlah untuk menikmati suasana ceria dalam event tersebut. Ajak teman, saudara, atau keluarga kamu ikutan juga. Dijamin seru!
Di festival kamu akan menemukan hal-hal unik yang tidak biasa kamu jumpai sehari-hari


Wisata malam
Siapa bilang keseruan cuma ada di siang hari? Keluar pada malam hari memberikan sensasi yang berbeda. Gemerlap lampu-lampu jalan dan indahnya langit berbintang akan menerangi malam kamu. Tapi pastikan kegiatan yang kamu lakukan positif ya. Kamu bisa berjalan-jalan di city walk, mengunjungi alun-alun kota, mampir ke cafe, angkringan, warung kopi, atau hanya sekedar nongkrong di pinggir jalan sambil ngobrol-ngobrol.
Jalan-jalan malam cuma buat mejeng sambil cuci mata
Nongkrong di pinggir jalan bareng kawan-kawan emang asik
Mejeng di tengah-tengah suasana malam yang terang benderang




Menekuni hobi
Melakukan sesuatu yang menjadi passion kamu memang sangat menyenangkan. Selain mengasah bakat, kamu juga akan menjalaninya dengan hati senang.

Senang menggerakkan anggota tubuh? Gabung grup tari/dance bisa membuatmu lupa waktu


Camping
Bagi kamu yang rindu akan ketenangan, kamu bisa menjauh dari hingar bingar perkotaan. Berkemah di gunung yang indah adalah salah satu pilihan tepat untuk menyatu dengan alam dan mengusir stres.
Camping dapat mendekatkan kita dengan alam


Walupun gaje yg penting ngumpul
Awalnya emang garing, tapi lama-kelamaan kalian akan menemukan hal-hal seru untuk dilakukan. Melakukan hal gila bersama-sama akan memicu canda dan tawa sehingga kamu bisa melupakan segala permasalahan yang sedang kamu hadapi. Tingkah konyol yang kamu lakukan bersama temanmu pasti dapat memicu tawa. Sayartnya satu, jangan asyik sama gadget masing-masing!

Bingung mau ngapain? Coba kalian jongkok melingkar, memperhatikan ke satu objek bayangan tanpa melakukan apapun. Nanti akan ada kelucuan tiba-tiba datang memecah keheningan.
Nggak jelas apa yang diketawain, yang penting unjuk gigi pas selfie
Hal koplak seperti ini biasa muncul secara spontan, tanpa direncanakan
Melakukan hal-hal 'nyeleneh' bersama-sama akan memberi sensasi luar biasa. Apalagi kalau sampai jadi pusat perhatian orang-orang sekitar.




Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan di luar. Semua itu sudah aku buktikan sendiri, sukses mengusir penat. Kamu bisa pilih aktivitas mana yang ingin kamu lakukan, sesuai dengan usia dan kondisi yang ada.
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Thanks for your comment