Cara Magang/PKL di Kebun Raya Bogor (KRB) | Gampang Banget!

Agustus 15, 2017

Magang/PKL di Kebun Raya Bogor
Magang/PKL di Kebun Raya Bogor

Mahasiswa tingkat akhir akrab dengan yang kegiatan magang (internship). Entah dengan tujuan mencari pengalaman, tugas dari kampus, atau untuk sekedar mengisi waktu luang, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam rangka 'mencicip' kehidupan kerja dan belajar mengenal apa itu profesionalisme.

Bagi kamu yang berminat untuk magang, praktik kerja lapang (PKL), atau praktikum lapangan (PL) di Kebun Raya Bogor (KRB), postingan ini akan membantu kamu. Kebetulan saya berkesempatan magang selama 1 bulan di kebun raya terbesar se-Asia Tenggara ini.

Karena punya nama besar dan pastinya manajemen yang kompleks, mungkin kamu berpikir bahwa prosedur birokrasi permohonan magang di KRB akan rumit (awalnya saya pun berpikir demikian). Namun ternyata asumsi tersebut salah besar, karena Kebun Raya Bogor sangat terbuka bagi mahasiswa yang ingin magang ataupun penelitian. Bagaimana prosedur pengajuan magang di Kebun Raya Bogor?

1. Persiapan Dokumen

Tidak ada persyaratan yang rumit dan berbelit-belit, cukup siapkan surat pengantar magang dari instansi atau departemen/jurusan di kampus kamu.


2. Datang ke KRB

Kamu bisa datang ke Kebun Raya Bogor (KRB) pada hari dan jam kerja. Saya sarankan ke pintu utama untuk akses yang lebih dekat ke kantor nantinya. Tempat pertama yang kamu tuju begitu sampai KRB adalah Visitor Center yang letaknya persis di depan gerbang utama yang khusus untuk pejalan kaki.

Sampaikan kepada petugas bahwa kamu ingin magang, maka petugas akan menginstruksikan untuk menemui staff di kantor manajemen yang khusus menangani pendaftaran magang, yaitu Bu Merry. Kamu kemudian perlu menitipkan kartu identitas (KTP atau KTM), lalu mengisi formulir pengunjung yang berisi identitas dan tujuan kamu datang ke KRB. Formulir ini menjadi tiket masuk kamu melewati pintu masuk, jadi kamu tidak perlu bayar tiket pengunjung yang harganya Rp 15.000. Lumayan kan... :)

Setelah masuk area kebun raya, tujuan selanjutnya adalah Gedung Konservasi. Letaknya cukup dekat dengan gerbang utama, ada di sebelah Garden Shop. Gedung Konservasi ini berisi perkantoran, perpustakaan, auditorium, dll. Masuk saja dan langsung temui Bu Merry.

Lokasi Gd. Konservasi di tanda panah merah


3. Bicara dengan Bu Merry

Berbincang-bincang dengan Bu Merry tidak perlu malu apalagi takut. Orangnya ramah kok. Ia akan menjelaskan unit-unit yang tersedia untuk internship, seperti pembibitan, kultur jaringan, herbarium, bank biji, pemeliharaan koleksi, dan sebagainya. Kamu bisa pilih dengan mempertimbangkan minat, bidang keahlian, jangka waktu, dan kuota. Karena sangat banyak mahasiswa yang ingin magang disini, beberapa unit seringkali penuh. Tapi tenang saja, kesempatan magang masih sangat luas karena banyak unit-unit lainnya.

Setelah menyerahkan surat pengantar dan ngobrol tentang penempatan, kamu akan diinformasikan mengenai kapan briefing akan dilakukan.


4. Briefing Anak Magang

Kamu akan dikumpulkan bersama mahasiswa-mahasiswa magang dari berbagai kampus untuk mengikuti briefing. Briefing ini dilakukan untuk mengenalkan KRB, sejarahnya, unit-unitnya, struktur organisasinya, dan regulasi umum untuk pegawai, termasuk jam kerja, hari kerja, jobdesc, dan sebagainya. Bu Merry yang memberi pengarahan juga memperkenalkan Kasubbid yang akan menjadi pembimbing kamu selama magang. Setelah briefing, kamu akan diberikan tanda pengenal (name tag) agar kamu bisa keluar masuk KRB setiap hari tanpa perlu membayar tiket. Enak kan?

Name tag anak magang
Name tag anak magang


5. Selamat Bekerja!

Setelah briefing, kamu bisa langsung mendatangi pembimbing. Perkenalkan dirimu, serta komunikasikan topik apa yang ingin kamu pelajari selama magang. Setelah itu kamu sudah bisa mulai bekerja di unit dimana kamu ditempatkan.

Cukup sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian mahasiswa yang ini magang/PKL di Kebun Raya Bogor. Selamat bermain bekerja!

Magang (PKL) di Kebun Raya Bogor
Magang (PKL) di Kebun Raya Bogor

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook